Pantangan Penyakit Asam Urat yang Wajib Dihindari


Pantangan penyakit asam urat harus dihindari oleh penderitanya agar dapat menghindari berbagai resiko yang mungkin muncul. Penderita penyakit ini memang memiliki sederet anjuran dan pantangan yang harus dihindari. Ini agar rasa nyeri, meradang atau bengkak tidak datang menyerang. Seperti yang sudah diketahui, penyakit asam urat timbul karena zat purin yang dikonsumsi secara berlebihan. Di dalam tubuh manusia terdapat purin dalam jumlah yang normal dan diolah menjadi asam urat. Ketika purin berlebih, kadar asam urat dapat berlebih juga sehingga mengakibatkan ginjal tidak mampu untuk mengeluarkannya yang akan menyebabkan kristal asam urat menjadi menumpuk di dalam persendian. Tentu ini akan menimbulkan rasa nyeri pada sendi, disertai dengan munculnya pembengkakan dan peradangan. Untuk mengatasi hal tersebut, penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari jenis makanan tertentu yang mengandung zat purin dengan kadar yang tinggi.

Beberapa daftar makanan memang mengandung purin yang tinggi sehingga makanan tersebut perlu dihindari secara serius dan menjadi pantangan penyakit asam urat. Makanan ini dapat dalam bentuk bahan makanan, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, daging, seafood, dan sebagainya. Beberapa makanan kaleng yang berbahan sarden dan kornet sapi juga dikenal sebagai makanan yang tinggi kandungan purinnya. Makanan yang mengandung purin tinggi ini tidak hanya karena jenis kandungan makanannya, tetapi juga dilihat dari cara pengolahannya. Misalnya, dijelaskan bahwa makanan yang bersantan dan digoreng menggunakan mentega atau margarin sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat ini. Begitu juga dengan beberapa makanan lainnya, meski terlihat bergizi tetapi mungkin saja ada kandungannya yang tidak cocok dengan penderita asam urat sehingga perlu dikenali dan dicek lebih lanjut.

Mengenal Jenis Makanan yang Menjadi Pantangan Penyakit Asam Urat

Agar dapat menghindari makanan yang menjadi pantangan penyakit asam urat, perlu diketahui apa saja jenis makanan tersebut. Beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi diantaranya yaitu keju, telur, kaldu, krim, dan ekstrak daging seperti dendeng dan abon. Makanan seperti jeroan, baik ginjal, babat, limpa, usus, paru, hati, dan otak juga tidak disarankan untuk penderita asam urat. Bagi pecinta seafood sebaiknya juga mulai menghindari konsumsi makanan ini, karena jenis seafood seperti udang, kerang, cumi-cumi, tiram, kepiting, sotong, ikan teri, dan ikan sarden juga mengandung zat purin yang tinggi. Beberapa jenis buah dan sayuran juga sebaiknya dihindari seperti durian, nanas, bayam, kembang kol, buncis, daun pepaya, kangkung, daun singkong, dan jenis kacang-kacangan. Makanan yang kaya lemak dan protein menjadi pantangan yang harus dihidari agar kadar asam urat tidak meningkat di dalam tubuh.

Itulah jeni-jenis makanan yang harus dihindari penderita asam urat. Dengan mengenal jenis makanan ini, diharapkan setiap penderita penyakit ini bisa lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Sebaiknya kenali juga jenis makanan yang bagus untuk dikonsumsi sehingga dapat mendukung penanggulangan penyakit ini. Semoga daftar makanan yang ada menjadi acuan bagi Anda sehingga bisa lebih mengenal setiap pantangan penyakit asam urat.