Boleh Dicoba! Inilah Makanan Penurun Asam Urat


Posting kali ini kita akan membahas mengenai makanan penurun asam urat yang cukup bagus untuk dicoba. Melalui makanan-makanan ini, Anda bisa membantu tubuh untuk menormalkan kadar asam urat di dalam tubuh. Asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan penumpukan kristal yang akan mengganggu metabolisme dalam tubuh. Perasaan sakit pada bagian sendi juga umum terjadi akibat asam urat yang terlalu tinggi. Tekanan darah juga bisa naik dan memicu terjadinya hipertensi. Yang paling parah, kristal yang menumpuk tadi bahkan bisa menjadi batu ginjal dan menyebabkan sakit ginjal. Tentunya jangan sampai asam urat menjadi terlalu tinggi, bukan? Simak beberapa menu yang bisa Anda coba berikut ini.

Untuk makanan penurun asam urat yang pertama, Anda bisa mulai dengan buah-buahan. Buah apel adalah salah satu buah yang cukup bermanfaat dalam menurunkan kadar asam urat. Konsumsilah minimal satu buah apel setiap habis makan untuk membantu menetralkan asam urat. Selain menggunakan buah apel, Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi buah ceri. Buah kecil dan imut ini ternyata punya manfaat yang bagus untuk menetralkan asam urat. Anda bisa sajikan dalam bentuk jus atau dimakan utuh langsung. Buah lain yang juga bisa digunakan adalah jeruk. Buah-buahan yang mengandung vitamin C kaya pada prinsipnya bisa membantu menetralkan asam urat. Anda bisa coba minum sari utama dari buah jeruk untuk membantu menetralkan asam urat.

Makanan Penurun Asam Urat yang Praktis Didapatkan

Selain buah-buahan tadi, Anda juga bisa membuat jus sayuran hijau. Sayuran hijau juga terbukti mampu meregulasi kondisi asam urat dalam tubuh. Anda juga bisa menambahkan lauk ikan salmon untuk menunjang kebutuhan omega 3 yang baik. Dengan omega 3 yang baik ini, Anda bisa menunjang asam urat yang netral. Selain itu, rajinlah mengkonsumsi air putih setidaknya 10-12 gelas setiap harinya. Ini akan membantu Anda untuk menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh. Yang jelas, air putih memiliki manfaat dalam membersihkan racun dan zat sisa yang ada dalam tubuh—termasuk kristal yang dihasilkan oleh asam urat yang berlebihan.

Asam urat memang masalah yang sudah sering dan umum terjadi pada usia dewasa. Pola makan menjadi faktor utama penyebab dari masalah ini. Oleh karena itu, hindari makan-makanan yang mengandung purin terlalu tinggi. Jenis makanan seafood juga harus dikurangi supaya asam urat tidak naik tinggi. Konsumsilah makanan bergizi dengan kandungan nutrisi yang tepat dibutuhkan oleh tubuh. Seimbangkan dengan buah dan sayuran supaya tubuh tetap bugar. Dan jangan lupa, air putih adalah minuman terbaik untuk menetralkan asam urat. Segera coba makanan penurun asam urat ini dan semoga berhasil.