Makanan yang Menjadi Pantangan Penyakit Jantung


Bagi para penderita penyakit jantung, mereka sebaiknya benar-benar memahami apa saja makanan yang menjadi pantangan penyakit jantung. Penyakit jantung memang tak secara langsung disebabkan oleh makanan tertentu. Hanya saja, penyakit jantung bisa muncul akibat seseorang memiliki pola makan yang kurang sehat sehingga peredaran darah mereka tersumbat oleh kolesterol jahat, lemak, ataupun radikal bebas lainnya yang datang dari makanan. Oleh sebab itu, bagi mereka yang ingin memiliki jantung sehat hendaknya juga memahami tentang pola makan dan gaya hidup yang jauh lebih sehat.

Makanan yang Menjadi Pantangan Penyakit Jantung

Kita memang tidak dilarang untuk mengkonsumsi apa saja termasuk makanan berlemak, makanan cepat saji, ataupun lainnya. Namun, kita hendaknya juga mengetahui bagaimana cara agar mengeluarkan berbagai zat dan kandungan yang tidak dibutuhkan tubuh sehingga tidak menyumbat peredaran darah yang bisa memicu penyakit jantung. Bila kita ingin memiliki jantung yang lebih sehat, kita sebaiknya mengetahui diet yang tepat. Banyak orang modern seperti saat ini mengalami masalah dan penyakit jantung akibat dari pola makan mereka yang buruk ditambah lagi mereka juga kurang melakukan olahraga. Tentu saja, untuk mengembalikan kondisi jantung Anda kembali membaik dan mampu bekerja secara optimal, Anda sebaiknya memulai untuk melakukan diet dan menghindari berbagai makanan yang menjadi pantangan penyakit jantung.

Beberapa contoh makanan yang menjadi pantangan penyakit jantung adalah berikut ini:

Karbohidrat Olahan

Beberapa contoh karbohidrat olahan seperti biskuit, gula, mie instan, roti putih, dan permen. Beberapa makanan tersebut mengalami proses pengolahan yang panjang sehingga kandungan nutrisi dalam makanan tersebut menjadi berkurang. Bahkan, tidak jarang dalam proses pengolahan bahan makanan tersebut juga ditambahkan beberapa zat yang tidak sehat seperti fruktosa. Fruktosa tersebut merupakan salah satu zat yang cukup membahayakan kesehatan jantung karena fruktosa tidak diolah tubuh sehingga bisa menimbulkan penumpukan lemak dan kadar gula di hati dan penyumbatan arteri jantung. Hal ini yang menyebabkan penderita penyakit jantung sebaiknya menghindari makanan olahan ini.

Makanan Cepat Saji

memang tidak semua makanan cepat saji tidak bagus untuk dikonsumsi, hanya saja kebanyakan makanan cepat saji menggunakan beberapa bahan tambahan yang tidak sehat seperti sodium, trans fat, dan gula tambahan. Tentu saja, bila makanan saji dengan kandungan zat yang tak berguna untuk tubuh tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, ini tentu bisa menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh terutama jantung. Berbagai zat tidak sehat yang ada pada makanan cepat saji tersebut tidak diolah tubuh dan akhirnya hanya mengendap dan menumpuk pada berbagai organ penting tubuh seperti hati dan jantung. Bila hal ini tidak dihentikan, maka tubuh akan mendapatkan masalah.

Daging Olahan

Contoh lain makanan yang sebaiknya dipantang bagi penderita penyakit jantung adalah daging olahan seperti nugget, sosis, kornet, dan lainnya. Memang tak semua daging olahan membahayakan tubuh terutama bila kita bisa mengolahnya sendiri dengan cara dan bahan yang sehat. Daging olahan yang tersedia di pasaran kebanyakan menggunakan zat tambahan sebagai pengawet yang terbukti mampu meningkatkan bahaya penyakit jantung. Dari beberapa contoh di atas, kita bisa mengetahui beberapa makanan yang sebaiknya kita hindari dan menjadi pantangan penyakit jantung.