Ini Dia Kadar Asam Urat Normal dalam Tubuh


Bila Anda pernah bertanya-tanya mengenai kadar asam urat yang normal dalam tubuh, maka posting kali ini kita akan membahasnya. Asam urat merupakan komponen zat dalam tubuh yang berguna sebagai antioksidan alami. Fungsi utamanya adalah sebagai penangkal radikal bebas. Apabila metabolisme tubuh berlangsung dengan tidak baik, maka asam urat di dalam tubuh bisa meningkat secara drastis. Meningkatnya asam urat ini akan menyebabkan terjadi perasaan tidak nyaman seperti sendi yang terasa nyeri. Jika sudah demikian, maka diperlukan penanganan untuk menurunkan asam urat tersebut. Pertanyaannya adalah, sebenarnya berapa nilai normal dari asam urat? Mari kita simak pembahasan singkat mengenai asam urat berikut ini.

Berdasarkan nilai yang ada dari WHO, kadar asam urat normal untuk pria adalah 3.5-7 mg/dL. Sementara untuk wanita, nilai asam urat normal adalah 2.6-6 mg/dL. Nilai yang berlebihan tentang asam urat ini akan membutuhkan penanganan supaya bisa cepat disembuhkan. Dokter akan memberikan beberapa obat-obatan supaya bisa menurunkan nilai asam urat tersebut. Dukungan dari pola makan seperti diet rendah purin juga diperlukan supaya asam urat berada dalam batas normal. Nilai asam urat ini tentunya merupakan nilai yang sudah berdasarkan penelitian. Angka tersebut digunakan sebagai standar untuk menentukan bagaimana kondisi asam urat seseorang. Pemeriksaan nilai asam urat ini bisa dilakukan melalui pemeriksaan laboratorium. Selain itu, sekarang ini juga sudah ada cara praktis dengan cara pemeriksaan menggunakan stick pemeriksaan asam urat.

Kadar Asam Urat Bila Terlalu Rendah

Jika nilai asam urat tinggi menjadi masalah, maka bila nilai asam urat tersebut turun juga sama saja akan menjadi masalah. Fungsi metabolisme akan berkurang. Dalam hal ini, seseorang akan lebih rentan terpapar sakit akibat asam urat yang rendah. Cara menanganinya tentunya dengan memperbanyak konsumsi tinggi purin. Dari sini bisa disimpulkan bahwa keseimbangan tubuh diperlukan supaya mutlak. Kondisi asam urat dengan nilai yang tinggi tidak bagus untuk kesehatan, demikian pula sebaliknya. Anda bisa rutin melakukan checkup supaya tubuh Anda tetap sehat dan terkontrol. Harapannya, dengan melakukan checkup Anda bisa mengetahui nilai normal dari asam urat Anda.

Itulah sekilas mengenai asam urat. Sekarang Anda tahu nilai normal dari asam urat tersebut. Anda bisa coba melakukan pemeriksaan asam urat melalui laboratorium. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui apakan asam urat dalam tubuh Anda masih dalam batas normal atau tidak. Banyak orang yang mengalami masalah asam urat ini apabila tidak tertangani dengan baik bisa memicu terjadinya komplikasi penyakit yang lebih. Tentunya Anda bisa berusaha mencegahnya sebelum terjadi komplikasi dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat. Semoga informasi mengenai kadar asam urat ini membantu dan selalu jaga kesehatan Anda.