Mengenal Penyakit Diabetes dan Pencegahannya


Pentingnya bagi kita untuk bisa lebih mengenal penyakit diabetes dan pencegahannya yang saat ini semakin banyak diidap tidak hanya oleh mereka yang berusia lanjut tetapi bahkan generasi muda yang kurang bisa mengontrol asupan dan gaya hidup yang dijalaninya. Di Indonesia, penyakit diabetes dan pencegahannya cukup penting untuk diketahui. Diabetes juga biasa disebut sebagai penyakit gula atau kencing manis. Nah, salah satu cara untuk melihat apakah gejala dari mereka yang terserang penyakit diabetes ini adalah dengan naik atau meningkatnya nilai kadar gula dalam darah nya secara signifikan, terus menerus apalagi dalam kondisi setelah Anda selesai makan. Penyakit diabetes sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu diabetes type 1, diabetes type 2 dan yang terakhir adalah gestational diabetes. Hanya saja yang cukup sering dijumpai adalah pasien dengan diabetes type 2. 

Kenali Penyakit Diabetes dan Pencegahannya

Penyakit gula atau diabetes ini tidak bisa dianggap sepele karena nyatanya di dunia penyakit ini menduduki peringkat ke empat sebagai salah satu penyakit yang paling sering menyebabkan angka kematian semakin tinggi. Salah satu penyebab kenapa manusia bisa terserang penyakit mematikan ini adalah karena gaya hidup dan pola konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat seperti junk food, makanan berlemak, makanan berminyak yang berbahaya sehingga menyebabkan seseorang menjadi obesitas dilengkapi dengan malasnya berolahraga yang menjadikan kondisi tubuh tidak lagi segar. Mengetahui tentang penyakit diabetes dan pencegahannya adalah penting sehingga kita bisa mawas diri. Nah, berikut cara mencegah agar kita tidak terkena penyakit kencing manis ini:
  • Banyak bergerak. Jika tubuh bergerak aktif maka secara tidak langsung kalori akan terbakar dan menyebabkan lemak juga akan berkurang dengan cara yang sehat dan benar.Hanya minimal 30 menit setiap hari untuk aktifkan tubuh Anda maka Anda sudah bisa mencegah diabetes untuk hinggap di tubuh Anda.’
  • Hindari konsumsi roti putih, gula, nasi putih, kentang dalam porsi yang terlalu banyak karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Ganti asupan dengan biji-bijian seperti sereal, roti gandum utuh yang lebih kaya akan sehat dan menyehatkan tubuh tanpa harus membuat lingkar pinggang semakin besar.
  • Konsumsi cuka apel dalam makanan Anda karena mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat tetap sehat dan bugar. 
  • Jangan minum atau makanan yang manis dan mengandung tinggi gula seperti sirup, susu diberi gula, jus buah dengan tambahan gula, susu  kental manis, dll. Kurangi gula maka Anda akan menyelamatkan hidup Anda dari penyakit gula yang sukar disembuhkan ini. 

Nah, menghindari penyakit diabetes dan pencegahannya hanya bisa dilakukan dengan baik oleh kita sendiri dari dalam diri sendiri sehingga kondisi tubuh tetap sehat dan bebas dari  berbagai penyakit berbahaya.