Buah untuk Kesehatan Mata


Anda mungkin sudah memahami ada banyak buah untuk kesehatan mata yang bisa dengan mudah kita temui di sekitar kita. Dalam menjaga kesehatan mata, kita tak hanya perlu memiliki pola hidup yang sehat dan bagus. Kita hendaknya juga mengkonsumsi berbagai makanan yang bagus untuk tubuh kita termasuk buah-buahan dan sayuran. Mata akan berfungsi secara optimal ketika mendapatkan nutrisi yang tepat. Kekurangan nutrisi yang masuk kedalam tubuh bisa membuat mata mengalami masalah ataupun gangguan. Anda tentu tak ingin hal ini terjadi bukan? Untuk itu, Anda sebaiknya memahami buah apa saja yang bisa membantu Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dalam menjaga dan merawat kesehatan mata.

Beberapa Jenis Buah untuk Kesehatan Mata

Jeruk

Sebagaimana kita ketahui bahwa jeruk merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi. Vitamin C memiliki peran untuk antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam jeruk juga bisa memperkuat sel-sel yang ada pada retina mata sehingga mata bisa berfungsi secara optimal. 

Mangga

Mungkin di antara kita tak banyak yang menyangka bahwa buah mangga bisa menjadi salah satu contoh buah untuk kesehatan mata. Buah mangga mengandung banyak vitamin seperti A, B1, C, dan E. Tentu saja, vitamin A merupakan salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin C sebagaimana dalam buah jeruk juga memiliki peran untuk antioksidan dan memperkuat sel saraf pada retina mata.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah favorit bagi kebanyakan orang. Rasanya manis dan teksturnya juga lembut. Dalam buah pisang juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, B1, B2, B6, dan vitamin C. Selain itu, mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, pisang tentu saja juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengenyangkan perut karena pisang juga kaya akan karbohidrat.

Pepaya

Buah papaya menjadi salah satu buah lokal yang ikut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Anda tak perlu kesulitan untuk mendapatkan buah papaya ini karena selain harganya yang terjangkau, buah papaya juga tersedia di segala musim. Dan, bagi Anda yang sedang diet, buah ini bisa juga menjadi buah pilihan untuk berdiet.

Strawberry

Strawberry merupakan salah satu jenis buah dari golongan berry yang kaya akan vitamin C. Berbagai kandungan nutrisi dalam buah ini dapat membantu mencegah kanker. Vitamin C yang ada dalam buah ini juga memiliki peran untuk memperkuat jaringan ikat dan sel saraf pada mata. Jadi, tak ada salahnya bila buah strawberry menjadi salah satu contoh buah untuk kesehatan mata.

Anda mungkin masih bisa menemukan beberapa jenis buah lainnya yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh terutama mata. Anda sebaiknya mulai membiasakan diri untuk memperbanyak konsumsi berbagai jenis sayuran dan buah untuk kesehatan mata.