Pahami Penyebab Asam Urat dengan Baik


Ada beberapa penyebab asam urat yang sebaiknya diketahui terutama bagi Anda yang berusia 30 tahun ataupun berbadan gemuk karena sangat rentan dengan resiko asam urat. Pola makan dan pola hidup yang kurang baik bisa menjadi salah satu pemicu kenapa seseorang terkena penyakit asam urat. Penyakit asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat pada persendian. Penyebab penyakit asam urat ada dua yaitu penyebab primer yang sangat erat kaitannya dengan kondisi dan tubuh masing-masing individu dan penyebab sekunder yang terkait dengan faktor luar seperti asupan makanan. Di antara kedua penyebab tersebut, penyebab yang berasal dari makanan menjadi salah satu faktor pemicu yang paling banyak terjadi terutama saat ini banyak orang kurang memperhatikan asupan makanan mereka.

Faktor-faktor Penyebab Asam Urat

Penyebab asam urat yang terjadi pada seseorang disebabkan oleh beberapa hal baik secara primer maupun sekunder. Faktor penyebab primer yang bisa menyebabkan asam urat adalah potensi genetik, ketidakseimbangan hormon, serta adanya masalah fungsi ginjal. Ketika Anda memiliki turunan yang memberikan potensi resiko asam urat secara genetik, Anda bisa melakukan pencegahan dengan cara menghindari berbagai hal yang mampu memicu kondisi asam urat Anda menjadi lebih buruk seperti menjaga keseimbangan hormon serta memperhatikan asupan makanan Anda.

Anda sebaiknya selalu berpikir positif serta menjaga pola hidup Anda dengan pola hidup yang baik dan sehat. Anda juga perlu melakukan detoksifikasi racun baik secara alami maupun dengan bantuan medis. Bila Anda menemukan masalah pada ginjal yang menyebabkan fungsi ginjal tidak mampu bekerja optimal dalam mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui bagaimana cara membuat ginjal Anda mampu bekerja secara optimal.

Selain beberapa masalah primer yang menjadi penyebab asam urat, Anda sebaiknya juga memahami beberapa faktor yang bisa memicu masalah asam urat secara sekunder. Faktor pertama adalah mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung zat purin secara berlebihan. Makanan dengan kandungan zat purin biasanya terdapat pada makanan yang berasal dari makhluk hidup baik sayuran, buah, ataupun hewan. Ketika zat purin yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan, ini membuat ginjal tak mampu mengeluarkannya sehingga menumpuk dan menjadi kristal asam urat pada persendian. Dengan adanya kristal asam urat tersebut, hal inilah yang memicu sendi terasa nyeri, meradang, dan bengkak. Selain dari asupan makanan, alkohol juga mengandung purin. Konsumsi obat-obatan kimia secara berkelanjutan juga bisa mengganggu organ ginjal dan liver. 

Dengan mengetahui beberapa penyebab penyakit asam urat, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan agar resiko tersebut bisa diminimalisir. Anda sebaiknya bisa bersikap bijak terhadap tubuh Anda sehingga Anda bisa mencegah terjadi berbagai masalah dalam tubuh Anda nantinya. Memiliki pola hidup yang sehat akan sangat membantu dalam mencegah berbagai masalah termasuk meminimalisir adanya beberapa faktor pemicu dan penyebab asam urat.