Wow! Rupanya Ini Penyebab Penyakit Jantung


Ada berbagai macam kebiasaan yang ternyata bisa menjadi penyebab penyakit jantung dan sering tidak diketahui oleh banyak orang. Jantung merupakan bagian tubuh yang paling penting. Ia berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Darah merupakan komponen terpenting pada tubuh untuk menjaga metabolisme tetap terjaga. Penurunan fungsi jantung tentunya akan menjadi masalah tersendiri. Sakit jantung sendiri sebenarnya ada yang disebabkan oleh faktor bawaan. Namun demikian, ada pula beberapa penyebab selain faktor bawaan yang bisa menyebabkan sakit jantung. Supaya bisa terhindar dari sakit jantung, tentunya kita perlu mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan sakit jantung. Simak beberapa penyebab dari sakit jantung berikut ini.

Kebiasaan merokok merupakan salah satu penyebab penyakit jantung utama. Merokok sebenarnya lebih berdampak besar pada kondisi kesehatan paru-paru. Namun demikian, kita juga perlu ingat bahwa paru-paru dan jantung merupakan dua komponen yang sangat erat berkaitan. Pasokan oksigen yang tidak baik dari paru-paru akan menyebabkan kinerja jantung semakin menurun. Parahnya lagi, mereka yang beresiko terkena sakit jantung akibat rokok ini bukan hanya pada perokok aktif, melainkan juga perokok pasif. Oleh karena itu, selalu hindari terpapar oleh asap rokok atau asap polusi lain supaya kesehatan jantung Anda tetap terjaga. Kandungan racun dari asap tersebut akan membuat penurunan fungsi jantung. Menghilangkan kebiasaan merokok memang bukan perkara mudah. Daripada datang penyesalan, ada baiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan merokok tersebut.

Kebiasaan Makan Penyebab Penyakit Jantung

Selain merokok, makan makanan dengan kandungan kolesterol yang cukup tinggi juga kurang baik untuk kesehatan jantung. Kolesterol tinggi ini bisa ditemukan pada daging-dagingan, gorengan dan makanan yang diolah menggunakan minyak. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan ini dalam batas wajar. Hindari mengkonsumsi makanan ini terlalu berlebihan. Bagaimana pun juga, kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penumpukan plak pada jantung. Penebalan dinding jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan akibat konsumsi kolesterol yang berlebihan. Gorengan apabila sudah menjadi makanan favorit memang akan sangat sulit untuk dihindari. Meski demikian, Anda bisa coba mulai menguranginya perlahan-lahan. Mengkonsumsinya boleh-boleh saja asalkan jumlahnya tidak berlebihan.

Menjaga kesehatan jantung merupakan hal penting yang harus dilakukan. Dengan mengetahui penyebab dari sakit jantung, Anda bisa menghindari penyebab-penyebab tersebut supaya tidak terkena resiko sakit jantung. Organ jantung merupakan organ yang penting untuk kelangsungan hidup. Mereka yang berusia lanjut biasanya sering mengalami masalah dengan jantung. Efek dari kebiasaan saat ini akan berimbas pada masa depan Anda. Tentunya, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk menjaga pola hidup sehat dengan baik. Lakukan medical checkup supaya kesehatan tetap terjaga. Anda bisa menghindari penyebab penyakit jantung untuk kesehatan yang lebih baik.