Sakit Jantung Perlu Diwasapadai Sejak Dini


Sakit jantung bukan sekedar keluhan, melainkan sebuah penyakit yang harus cepat ditangani. Sebelum terjadi, Anda patut waspada dengan melakukan berbagai pencegahan. Apalagi, gangguan penyakit pada organ vital di dalam tubuh ini menjadi salah satu pembunuh nomor satu. Tingkat kematian di Indonesia akibat penyakit ini sangat tinggi.

Penyempitan Arteri Pemicu Sakit Jantung

Jantung memiliki fungsi sebagai pemompa darah. Jantung mendapatkan asupan energi berupa oksigen dan berbagai zat dari makanan yang menutrisi tubuh. Pasokan kedua sumber energi jantung tersebut harus terpenuhi agar kerja jantung maksimal. Sakit jantung timbul ketika pembuluh darah pada koroner mengalami penyempitan akibat adanya penyumbatan yang menyebabkan sumber energi jantung sulit masuk. Berkurangnya pasokan sumber energi tersebut menyebabkan jantung tidak dapat bekerja secara maksimal. Berbagai keluhan pun akan Anda rasakan sebagai tanda bahwa jantung Anda berada dalam masalah serius yang harus segera ditangani. 

Gejala yang timbul dan akan Anda rasakan tersebut antara lain nyeri pada area dada. Rasa nyeri ini sifatnya hilang timbul. Dada seperti ditekan, diremas, hingga di tusuk. Dada yang nyeri tersebut tepatnya di bagian kiri. Karakteristik rasa nyerinya begitu spesifik. Kemudian, rasa nyeri tersebut akan menjalar ke berbagai anggota tubuh lainnya mulai dari bahu, lengan bagian atas, area punggung, sekitar leher, hingga rahang bawah. Rasa kesemutannya akan membuat Anda tidak nyaman. Gangguan lainnya adalah pada saluran pernafasan yang membuat Anda begitu sesak dan kesulitan saat bernafas. Berbagai keluhan tersebut juga disertai dengan keluarnya keringat dingin, rasa mual, badan lemah, kepala pusing, dan denyut jantung yang tidak beraturan. 

Jadi sebelum berbagai gejala sakit jantung jantung ini Anda rasakan, segera lakukan pencegahan sejak dini. Tidak terlalu sulit karena berbagai pencegahan penyakit ini hanya perubahan pola hidup dari yang tadinya tidak sehat menjadi lebih sehat. Mulai dari pengaturan pola makan, dimana nutrisi yang masuk ke dalam tubuh harus seimbang. Hindari makanan dengan kadar lemak tinggi agar tidak terjadi tumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh. Buah dan sayur menjadi dua makanan penting yang konsumsinya harus Anda tingkatkan. Jantung dan berbagai organ tubuh lainnya memiliki waktu kerja dan istirahat. Anda tidak boleh memforsir tubuh Anda terlalu lelah bekerja. Istirahat harus Anda cukupkan agar tidak terjadi kelelahan yang memicu berbagai timbulnya penyakit. Sebaiknya, Anda juga menghindari stress. Penyakit jantung sering terjadi tiba-tiba terutama pada kasus mereka yang terlalu lelah bekerja.

Hindari juga kebiasaan buruk seperti merokok dan minum-minuman beralkohol. Rokok sendiri merupakan pemicu timbulnya berbagai penyakit terutama paru-paru, jantung, dan kanker. Lebih baik, Anda ganti kebiasaan buruk tersebut dengan minum air putih yang dapat membantu membuang berbagai racun di dalam tubuh hingga melancarkan peredaran darah. Maksimalkan juga berbagai cara hidup sehat ini dengan olahraga rutin. Anda pun sangat disarankan melakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin untuk mengetahui kesehatan jantung Anda saat ini. Lebih dini pencegahannya, lebih kecil resiko sakit jantung tersebut menyerang Anda.