Tingkatkan Konsumsi Buah untuk Kesehatan Jantung


Mengenal buah untuk kesehatan jantung bisa menjadi bagian dari pencegahan dini dalam penyakit ini. Konsumsi buah sendiri perlu ditingkatkan karena buah kaya akan vitamin dan mineral yang lebih baik dibandingkan konsumsi makanan berlemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Buah akan menjaga berat badan tetap ideal dengan nutrisi yang cukup. Organ tubuh pun terlindungi dari resiko penumpukan lemak yang dapat menghambat dan menurunkan sistem kerjanya.

Pilihan Buah untuk Kesehatan Jantung

Setiap hari, Anda dapat memilih buah untuk kesehatan jantung sesuai dengan selera. Ada apel yang kaya akan quercetin sebagai anti inflamasi. Pembuluh darah pun akan terlindungi. Setidaknya, 50% dari resiko penyakit ini termasuk stroke dapat diturunkan oleh kosumsinya per butir setiap hari.Untuk Anda yang tidak begitu menyukai apel, bisa mengganti konsumsi buah tersebut dengan anggur merah. Buah ini memiliki manfaat yang besar untuk menjaga jantung Anda. Kandungan antioksidan dengan resveratrol dan flavonoidnya akan membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit khususnya yang diakibatkan radikal bebas. Berbagai macam berry-berryan seperti strawberry, blackberry, raspberry, dan blubeery merupakan buah yang lezat yang kaya dengan anthocyanin. Senyawa yang memiliki kemampuan menangkal bahaya radikal bebas sehingga sel tubuh terlindungi. Tekanan darah tinggi akan diturunkan, penglihatan semakin tajam, sel kanker dapat dicegah dan ditekan penyebarannya, kadar gula darah terjaga, demikian juga dengan perlindungan terhadap jantung Anda.

Citrus menjadi buah untuk kesehatan jantung selanjutnya. Buah yang tergolong ke dalam citrus salah satunya jeruk. Kaya akan vitamin C, buah ini dapat menurunkan resiko berbagai penyakit yang diakibatkan penyumbatan pembuluh darah ke bagian otak termasuk jantung dan stroke iskemik hingga 19%. Berbagai penelitian pun telah dilakukan. Kandungan flavonoid dalam buah ini untuk konsumsi 2 hingga 4 buah per harinya akan menurunkan resiko berbagai penyakit mematikan tersebut. Buah yang juga memiliki kandungan vitamin C tinggi yaitu kiwi. Konsumsi 2 hingga 3 buah per harinya dapat menurunkan resiko penyakit kanker, pembekuan darah, dan stroke.

Selain menjaga agar tekanan darah tetap normal, buah noni ternyata tidak hanya baik untuk penderita hipertensi saja. Penyakit ini juga dapat mencegah penyakit jantung hingga stroke. Selain vitamin dan mineral, buah ini juga mengandung xeronin. Zat ini akan melindungi berbagai organ tubuh. Namun, noni memang tidak segampang itu ditemukan. Jadi, Anda bisa menggantinya dengan papaya, pisang, semangka, atau tomat. Terakhir, ada buah tomat. Buah ini mengandung lycopene yang menjadi zat warna merahnya yang ternyata bermanfaat sekali dalam pencegahan penyakit jantung dan stroke. Selain mengkonsumsi buah untuk kesehatan jantung tersebut secara rutin, Anda pun sangat disarankan banyak mengkonsumsi kacang-kacangan dan susu kedelai.