Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi dengan Praktis


Manakala sendi terasa nyeri akibat kadar asam urat tinggi di dalam tubuh, Anda mungkin harus segera melakukan pengobatan supaya asam urat dalam batas normal. Sakit asam urat sering dialami oleh orang dewasa. Kejadian asam urat tidak hanya satu dua. Kebanyakan masalah ini ditimbulkan akibat pola makan yang kurang sesuai dan terkesan sembarangan. Semakin berusia dewasa, penjagaan pola makan memang diperlukan supaya menghindari berbagai macam penyakit seperti asam urat yang terlalu tinggi. Asam urat sendiri sebenarnya diperlukan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas dan regenerasi sel. Namun demikian, kondisi asam urat yang terlalu tinggi akan menciptakan kristal-kristal asam urat yang akan memberikan rasa sakit hingga beberapa kejadian komplikasi.

Untuk menurunkan kadar asam urat, diperlukan kesabaran tersendiri. Obat-obatan untuk asam urat tinggi juga diperlukan. Anda bisa mendapatkannya dengan memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter. Setelah mengkonsumsi obat-obatan tersebut, Anda juga harus mendukungnya dengan makan makanan yang rendah purin. Diet rendah purin ini sangat berguna untuk menurunkan kadar asam urat. Cobalah pula untuk memperbanyak buah-buahan segar supaya membantu menurunkan kadar asam urat. Dengan memiliki asam urat yang normal pada tubuh, maka Anda bisa beraktivitas kembali dengan baik. Hindari makan makanan bersantan atau kacang-kacangan terlalu banyak. Jenis makanan ini juga akan memicu peningkatan asam urat secara signifikan.

Asam Urat Tinggi Berbahaya dan Bisa Menjadi Komplikasi

Kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa memicu terjadinya batu pada ginjal. Kondisi ini diakibatkan oleh penumpukan kristal asam urat yang tentunya bisa menyebabkan ginjal berfungsi dengan tidak maksimal. Rajinlah mengkonsumsi air putih dengan banyak minimal 1.800 liter setiap harinya. Dengan memperbanyak minum air putih, maka tubuh akan lebih mudah untuk mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Anda juga bisa menambah konsumsi buah-buahan supaya tubuh bisa lebih baik dalam menghilangkan kristal-kristal asam urat tadi. Pada prinsipnya, pola makan yang baik akan sangat membantu dalam menurunkan kadar asam urat. Beberapa komplikasi yang bisa ditimbulkan dari asam urat yang terlalu tinggi di antaranya peradangan sendi, batu ginjal, gagal ginjal dan hipertensi.

Itulah tadi gambaran singkat mengenai asam urat. Ada baiknya Anda juga teratur melakukan olahraga supaya tubuh tetap bugar. Lakukan olahraga semacam lari-lari kecil atau lompat tali secara sederhana. Cara-cara ini cukup praktis dan bisa dilakukan di rumah. Obat-obatan memang penting untuk mempercepat proses penyembuhan asam urat yang terlalu tinggi. Namun demikian, Anda juga perlu melakukan beberapa tindakan lain untuk menunjang keberhasilan terapi yang sudah dilakukan. Selamat mencoba dan semoga Anda berhasil menurunkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh Anda.