Sakit Ginjal Dapat Dicegah


Fakta bahwa sakit ginjal tidak dapat sepenuhnya sembuh menyadarkan banyak orang pentingnya menjaga kesehatan salah satu organ vital di dalam tubuh ini. Apabila fungsinya terganggu, perlahan terjadi penumpukan racun yang berasal dari sisa metabolisme yang tidak terbuang sebagaimana mestinya. Pada kondisi yang kronis, pasien diharuskan melakukan terapi cuci darah yang mahal dan merepotkan. Apabila beruntung, maka pasien tersebut dapat segera memperoleh donor untuk melakukan transplantasi.

Sakit Ginjal Sebaiknya Dicegah secara Dini

Pencegahan merupakan langkah paling cerdas menghindarkan Anda dari kondisi kesehatan yang kurang baik, serta menghindari besarnya biaya pengobatan. Sakit ginjal sendiri juga termasuk penyakit yang mahal. Kondisi ini dapat semakin parah apabila tidak ditangani secara baik sejak awal. Salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan dengan memahami penyebab dan gejala dari penyakit tersebut. Gangguan pada ginjal bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kebiasaan makan yang kurang baik, makanan yang dikonsumsi, kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol, pengaruh tekanan darah tinggi dan diabetes, serta faktor genetik. Agar terhindari dari penyakit ginjal atau mengatasi gejala-gejala yang mulai timbul seperti rasa sakit di area pinggang, kesulitan buang air kecil dan ruam pada kulit, Anda bisa melakukan langkah pencegahan, di antaranya:

  • Mengkonsumsi banyak air putih setiap hari untuk membantu ginjal membuang racun ke luar tubuh serta mempertahankan volume dan konsentrasi darah.
  • Mengontrol tekanan darah, kadar gula darah, dan kondisi penyakit jantung. Lakukan diet sehat dan berolahraga secara teratur.
  • Jangan menahan keinginan untuk buang air kecil. Kebutuhan akan BAK akan muncul apabila kandung kemih telah terisi dengan 120-150ml urin. 
  • Mengurangi asupan garam. Tingginya angka asupan yang melebihi dosis yang dibutuhkan tubuh dapat memicu naiknya tekanan darah yang juga akan berpengaruh pada kesehatan ginjal.
  • Mengkonsumsi minuman yang sehat. Hindari minuman bersoda, kopi dan teh secara berlebihan. Lebih sehat apabila Anda memilih untuk meminum jus segar.
  • Makan dengan cara yang benar. Pemilihan makanan yang sehat serta cara makan yang benar sangat penting untuk membantu ginjal melakukan tugasnya. 
  • Berolahraga dengan rutin sesuai kemampuan.
  • Hindari alkohol dan rokok yang akan menganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan hormon yang penting bagi kesehatan ginjal.
  • Hindari konsumsi obat tanpa petunjuk dokter karena dapat memicu keracunan pada ginjal.
  • Konsultasikan pada dokter sebelum mengkonsumsi vitamin atau suplemen tertentu.

Memiliki tubuh yang sehat memang butuh perjuangan. Meskipun begitu, manfaatnya jauh lebih berharga daripada Anda menghabiskan semua uang Anda demi menghilangkan penyakit dari tubuh. Apabila Anda mengalami gejala-gejala sakit ginjal, pastikan untuk segera mengecek kesehatan ke dokter dan dapatkan perawatan yang tepat agar kondisinya tidak semakin memburuk.