Cara Melakukan Diet Diabetes Melitus


Diet diabetes melitus harus dilakukan untuk para penderita diabetes melitus agar penyakit tidak semakin parah dan memburuk. Penyakit diabetes melitus sendiri memang banyak diderita oleh orang Indonesia, tidak hanya disebabkan oleh keturunan namun juga disebabkan oleh pola hidup dan makan yang kurang sehat. Karena faktor makanan dan pola hidup menjadi penyebab munculnya diabetes melitus, maka salah satu cara yang efektif untuk menurunkan dan mengurangi penyakit ini adalah dengan melakukan diet yang berkaitan dengan makanan dan pola makan. Ubahlah pola hidup dan makan Anda untuk menurunkan kadar glukosa dalam tubuh Anda. hal ini akan membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap keadaan kesehatan Anda.

Beberapa Jenis Diet Diabetes Melitus

Pola makan yang sehat merupakan kunci utama dalam diet diabetes melitus. Pola makan adalah hal yang paling berpengaruh terhadap keadaan penyakit Anda. dengan pola makan yang baik maka penyakit diabetes Anda pun akan semakin membaik. Sebaliknya, pola makan yang buruk adalah penyebab munculnya dan semakin parahnya diabetes melitus. Perhatikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda saat memilih makanan. Karbohidrat merupakan nutrisi yang paling penting dan yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan dengan protein dan lemak. Akan tetapi, pilihlah jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti jagung dan beras merah ataupun dari jenis umbi-umbian seperti ketelah. Makanan tersebut jauh lebih baik daripada nasi putih. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, maka tubuh akan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama karena jenis karbohidrat ini membutuhkan waktu yang lama untuk diserap. 

Hindarilah karbohidrat seperti yang terkandung dalam gula dan roti yang manis karena ada kandungan lemak yang juga ikut masuk ke dalamnya. Hindari makan makanan atau minuman manis juga sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan gula yang memang dibuat khusus untuk penderita diabetes. Nasi sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak dan ganti dengan makanan seperti umbi-umbian. Banyak-banyaklah konsumsi buah-buahan serta minum air putih agar tubuh tetap sehat. Diet diabetes melitus dapat dilakukan dengan cara memilih makanan yang tepat untuk dimakan sehari-hari.

Selain makan makanan yang sehat dan bebas gula, Anda juga perlu melengkapinya dengan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga agar kalori dalam tubuh bisa terbakar. Melakukan olahraga secara teratur sangat baik untuk tubuh karena membantu tubuh lebih sehat sehingga produksi insulin dapat berjalan lancar. Selain itu, seiring dengan terbakarnya kalori, glukosa di dalam darah pun akan ikut terbakar. Ada berbagai olahraga yang mudah dan murah yang bisa Anda lakukan seperti jogging dan bersepeda. Dengan begitu diet diabetes melitus yang Anda lakukan pun dapat berjalan dengan lancar.