Cara Mengobati Asam Urat secara Alami


Banyak orang berusaha menemukan suatu cara untuk mengobati asam urat.Penyakit asam urat memang menjadi salah satu masalah yang seringkali dihadapi bagi kebanyakan orang terutama mereka yang berusia di atas 30 tahun ataupun mereka yang memiliki tubuh dengan berat badan berlebih. Banyak orang mencari cara agar bisa mengatasi penyakit ini sesegera mungkin karena ketika penyakit ini menyerang, penderita asam urat bisa merasakan rasa sakit dan nyeri yang sangat menyiksa. Tak sedikit orang yang terganggu aktivitas dan keseharian mereka akibat masalah tersebut. Sebelum mencari cara mengobati, kita hendaknya mengenali penyakit ini secara menyeluruh agar proses pengobatan bisa lebih optimal. 

Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan adanya kelebihan zat purin pada tubuh. Kelebihan zat tersebut tidak mampu dikeluarkan oleh tubuh sehingga terjadi penumpukan yang menjadikan kristal asam urat pada persendian. Penyakit asam urat bisa menimbulkan beberapa gejala antara lain sendi terasa nyeri dan sakit, kesemutan, bengkak, dan meradang. Rasa nyeri yang ditimbulkan penyakit asam urat biasanya muncul pada malam hari ataupun pagi hari ketika baru bangun tidur. Munculnya rasa nyeri tersebut berlangsung secara berulang dan ketika dalam kondisi yang cukup parah maka persendian akan sangat sakit terutama ketika digerakkan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menemukan cara mengobati asam urat secara alami yang mampu mengatasi masalah Anda.

Cara Mengobati Asam Urat secara Alami

Obat alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam urat adalah tanaman sambiloto. Pada tanaman ini mengandung beberapa zat seperti flavanoid, kalium, alkane, aldehid, natrium, dan kalsium. Tanaman ini memiliki rasa pahit namun memiliki khasiat sebagai anti radang, analgetik, serta berfungsi sebagai penawar racun. Anda bisa memanfaatkan seluruh bagian dari tanaman sambiloto sebagai obat untuk penyakit asam urat. Selain tanaman sambiloto, Anda juga bisa memanfaatkan tanaman sidaguri atau bitumu. Dalam tanaman ini terdapat beberapa zat antara lain: kalsium oksalat, saponin, alkaloid, phlegmatic, asam amino, minyak atsiri, serta fenol. Berbeda dengan tanaman sambiloto yang pahit, sidaguri memiliki rasa yang manis. Sidaguri bisa difungsikan sebagai antiradang, analgetik, serta membantu meluruhkan kencing. Bagian tanaman sidaguri yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian akar. Tanaman lain yang bisa dijadikan sebagai obat asam urat adalah kumis kucing. Tanaman ini bermanfaat sebagai diuretic yang bisa membantu tubuh dalam mengeluarkan kelebihan asam urat melalui urin.

Kini, Anda juga menemukan obat asam urat yang memanfaatkan teripang. Beberapa zat penting pada teripang mampu memperkokoh sendi dan tulang. Tentu saja, Anda tak cukup hanya mencari informasi tentang obat untuk asam urat, Anda hendaknya juga mulai mengubah pola hidup dan pola makan yang sehat. Anda harus memahami beberapa makanan yang harus dipantang guna mencegah masalah asam urat semakin buruk. Dengan memiliki pola makan yang baik dan mengetahui cara mengobati asam urat secara alami, Anda akan terhindar dari berbagai masalah yang mengganggu aktivitas Anda akibat asam urat.