Obat Herbal Ginjal dari Alam


Obat herbal ginjal telah menarik perhatian banyak pasien yang mencari solusi alternatif lebih aman dan murah. Di pasaran juga sering ditemukan iklan produk yang diklaim mengandung bahan alami untuk mengobati berbagai masalah kesehatan pada organ ginjal. Selain itu, resep-resep tradisional yang dipraktekkan sejak jaman nenek moyang juga menjadi panutan untuk masyarakat di era modern saat ini.

Obat Herbal Ginjal Solusi Lebih Aman dan Hemat

Penyakit ginjal merupakan salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami oleh masyarakat modern. Alasan utamanya dilirik dari nilai investasi yang dikeluarkan. Obat-obatan yang terbuat dari bahan alami biasanya berharga lebih murah. Selain itu, banyak pula ramuan herbal yang bisa dibuat sendiri mengikuti petunjuk yang diajarkan oleh nenek moyang. Bahan-bahannya dapat ditemukan di alam sekitar, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar. Selain itu, solusi ini juga lebih praktis apabila mengingat keharusan untuk menggunakan resep dokter dan mengantri di apotek. Kekhawatiran akan kecanduan terhadap obat-obatan kimia tertentu juga menjadi hal penting. Itulah mengapa obat herbal ginjal dewasa ini semakin dicari. Berikut ini beberapa contoh ramuan yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah:
  • Rebus daun keji yang sudah ditumbuk halus bersama daun kumis kucing dan daun meniran yang telah dicabut anak akarnya dengan satu liter air. Panaskan sampai airnya tinggal setengah. Setelah itu, gunakan airnya dengan cara diminum setiap hari selama lima hari berturut-turut.
  • Seduh daun alpukat dengan segelas air panas. Minum ramuan tersebut dua kali sehari dimana setiap penyeduhan hanya boleh digunakan dalam satu kali.
  • Rebus beberapa bahan seperti daun meniran, daun ungu, daun arbei, daun duduk, daun kumis kucing, daun sendokan dan daun ngikilo sampai mendidih. Saring air rebusan dan biarkan hangat. Kemudian, minumlah ramuan tersebut secara teratur.
  • Rebus pucuk daun keji, temulawak, rambut jagung dan kumis kucing. Setelah mendidih, tambahkan gula merah dan garam secukupnya. Biarkan dingin dan minum tiga kali sehari secara rutin. 
  • Rebus 120g alang-alang segar dengan 3 gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas. Bagilah menjadi 3 bagian dan diminum 3 kali sehari.
  • Seduh 15g daun sukun kering dengan air mendidih sebanyak 1 gelas. Diamkan selama 15 menit dan tambahkan madu secukupnya. Minum sehari 2 kali selama 10 hari berturut-turut.

Menjaga gaya hidup sehat tidak hanya baik untuk mencegah, tetapi juga membantu dalam mengoptimalkan perawatan saat terjadinya penyakit. Perbanyak minum air putih dan kurangi konsumsi makanan yang mengandung protein, garam, fosfat, kalium dan karbohidrat. Makanan yang diawetkan serta keju dan susu juga tidak disarankan karena dapat memperparah keadaan. Sedangkan obat herbal ginjal, selain diramu sendiri juga bisa diperoleh produk jadi siap minum dengan harga terjangkau.