Tanaman Herbal untuk Penyakit Jantung


Menjalankan pola hidup sehat dianggap sebagai salah satu cara mencegah munculnya penyakit jantung secara efektif. Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa penyakit kardiovaskular sangat erat kaitannya dengan gaya hidup Anda. Seseorang yang memiliki gaya hidup kurang sehat seperti kebiasaan merokok serta mengkonsumsi minuman beralkohol cenderung memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular juga dapat dicegah dengan berolahraga secara teratur. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan pola makan Anda bila Anda ingin mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Menghindari konsumsi makanan yang mengandung kadar lemak tinggi merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

Makanan yang Anda konsumsi tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda namun juga dapat berperan dalam menentukan kesehatan tubuh Anda. Orang yang biasa mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak atau kolesterol yang tinggi biasanya akan memiliki resiko penyakit jantung yang tinggi pula. Di lain pihak, ada beberapa jenis tanaman yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuar. Beberapa jenis tanaman herbal memiliki kandungan serta khasiat yang dapat membantu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Pencegahan penyakit kardiovaskular dengan cara mengkonsumsi tanaman herbal dinilai lebih efektif dibandingkan menggunakan obat-obatan medis. Hal ini dikarenakan tanaman herbal bekerja secara alami dan cenderung tidak menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan secara keseluruhan. 

Cegah Penyakit Jantung dengan Konsumsi Tanaman Herbal

Secara umum, ada cukup banyak jenis tanaman herbal yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Jenis tanaman herbal pertama yang bisa membantu mencegah terjadinya penyakit jantung adalah bawang putih. Bawang putih biasa digunakan sebagai bumbu masak dan kaya akan antioksidan. Antioksidan yang terkandung pada bawang putih terbukti dapat mencegah terjadinya arteriosklerosis. Selain itu, kandungan dalam bawang putih juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, konsumsi bawang putih secara teratur juga terbukti dapat menurunkan resiko beberapa jenis gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan infeksi. Bawang putih juga berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah serta mengatasi masalah pencernaan.

Selain bawang putih, tanaman herbal lain yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan resiko penyakit kardivaskular adalah temu giring. Khasiat tanaman temu giring antara lain adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memperlancar sirkulasi darah, berfungsi sebagai antiseptik, serta menjaga kesehatan jantung. Tanaman sambang darah juga merupakan jenis tanaman herbal yang bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Selain dapat mencegah munculnya penyakit kardiovaskular, tanaman herbal yang satu ini juga berkhasiat untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan menghentikan pendarahan. Tanaman herbal lain yang memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung antara lain adalah temu putih dan mahkota dewa.