Memilih Sayuran untuk Penderita Asam Urat


Sayuran untuk penderita asam urat dipilih berdasarkan kandungan yang dimilikinya. Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal sayuran sebagai makanan yang sehat dan baik bagi tubuh. Sayuran memang mengandung sederet kandungan bergizi, dimana kandungan ini berbeda-beda jenis dan kadarnya di setiap sayur. Oleh karena itu, tidak semua sayur bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat, karena terdapat kandungan tertentu pada sayur yang harus dihindari penderita penyakit ini. Memilih sayuran berdasarkan kandungannya merupakan jalan yang tepat untuk mendapatkan sayuran yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. 

Meski terlihat sehat dan bergizi, terdapat beberapa jenis sayuran yang kandungannya tidak baik untuk penderita asam urat. Kandungan ini dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh si penderita sehingga dapat memperburuk keadaannya. Ini terjadi karena makanan mengandung banyak purin. Seperti yang sudah umum diketahui, purin akan diubah dlaam bentuk asam urat, sehingga kadarnya akan semakin meningkat di dalam tubuh. Meningkatnya kadar ini tidak disertai dengan pengeluaran yang sesuai karena tidak dapat diproses dengan baik. Agar dapat terhindar dengan resiko yang ada, disarankan untuk memilih makanan yang tepat, misalnya dalam memilih sayur-sayuran. Para penderita asam urat sebaiknya mulai mengenal jenis sayuran untuk penderita asam urat yang boleh dikonsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi.

Jenis-jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat

Beberapa jenis sayuran yang dilarang konsumsinya untuk penderita asam urat berasal dari jenis sayuran yang biasanya mudah ditemui sehari-hari. Sayuran ini mungkin sering disajikan di hadapan Anda. Namun, mengingat penyakit yang dimiliki, Anda harus menghindari mengkonsumsi sayuran tersebut. Sayuran yang menjadi pantangan tersebut yaitu bayam, kangkung, daun singkong, buncis, kembang kol, daun pepaya, asparagus dan jamur kuping. Sedangkan sayuran yang sebaiknya dikonsumsi diantaranya yaitu tomat, sawi putih, dan sawi hijau. Jenis sayuran untuk penderita asam urat ini tidak hanya baik dikonsumsi, tetap juga dikenal dapat mengobati penyakit ini. Beberapa sayuran yang menjadi pantangan bukannya tidak boleh dikonsumsi, tetapi bagi penderita asam urat sebaiknya dihindari atau jika tidak dapat dihindari hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit yaitu tidak lebih dari 100 gram.

Pemilihan sayuran atau makanan lainnya yang memiliki kadar purin rendah sangat dianjurkan untuk penderita asam urat. Karena itu, menkonsumsi nasi, ubi, jagung, roti, ketela pohon, mie, dan bihun boleh dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Beberapa buah dan sayuran juga bagus menjadi pilihan asalkan bukan merupakan pantangan. Yang pasti, selain mengenal sayuran atau makanan yang sesuai, sebaiknya Anda juga memperhatikan asupan air putih. Ketika kadar asam urat meningkat, meminum air putih sebanyak 10-12 gelas sehari sangat disarankan untuk membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh. Karena itu perbanyak juga meminum air putih dan konsumsi jenis yang tepat dalam pemilihan sayuran untuk penderita asam urat