3 Vitamin untuk Kesehatan Mata


Dalam kesempatan kali ini, kita akan membicarakan tentang beberapa vitamin untuk kesehatan mata. Sebagaimana kita ketahui bahwa mata merupakan salah satu panca indra dan organ penting dalam tubuh manusia. Mata memberikan banyak sekali pengaruh dalam kehidupan manusia termasuk dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Banyak cara bisa dilakukan guna menjaga kesehatan mata agar bisa berfungsi secara optimal. Bila sebelumnya kita pernah mengulas tentang berbagai makanan sehat untuk kesehatan mata. Kali ini, kita akan mengulas tentang berbagai vitamin yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga agar indra penglihatan kita tetap baik. dalam memperoleh asupan vitamin untuk tubuh termasuk mata, kita bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut ataupun dengan menambahkan suplemen vitamin yang sesuai dengan kebutuhan.

Vitamin untuk Kesehatan Mata

Vitamin A

Kita semua mungkin sudah sangat mengenal bahwa vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata sehingga tidak salah bila vitamin A merupakan vitamin untuk kesehatan mata yang paling utama. Vitamin A tak hanya membantu dalam melindungi permukaan mata tetapi juga membantu produksi rhodopsin, membantu mata agar tetap dalam kondisi basah, serta menjaga dan memperkuat sel kornea dan retina sehingga fungsi penglihatan bisa lebih optimal. Kita bisa menemukan vitamin A dalam sumber makanan hewani maupun nabati. Pada sumber hewani, kita bisa mendapatkan vitamin A dari minyak ikan, telur, ikan laut seperti salmon, susu, hati, dan lainnya. Sedangkan pada sumber makanan nabati, kita bisa mendapatkan asupan vitamin A melalui konsumsi wortel, ubi jalar, bayam, labu, dan lainnya.

Vitamin C

Selain vitamin A, ternyata kita juga membutuhkan vitamin C sebagai vitamin untuk kesehatan mata. Vitamin ini berperan dalam memperkuat jaringan otot dan lensa mata. selain itu, vitamin ini juga bisa menjadi pelindung mata dari pancaran sinar matahari sehingga menjaga mata dari kerusakan mata dan katarak. Kita bisa menjumpai berbagai macam buah dan sayuran yang mengandung vitamin C seperti jeruk, apel, buah kiwi, mangga, brokoli, kubis, tomat, dan lainnya. Selain dari buah dan sayur, kita juga menemukan beberapa bahan makanan hewani yang mengandung vitamin C seperti tuna, tiram, serta hati sapi. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin C, kita bisa memperoleh asupan nutrisi yang sangat penting dalam menjaga kesehatan mata.

Vitamin E

Sebagian dari kita mungkin mengenal vitamin E sebagai vitamin untuk menutrisi kulit. Ternyata vitamin ini juga bisa berperan dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin E mampu melindungi mata dari kemungkinan kerusakan yang disebabkan oleh berbagai radikal bebas serta proses penuaan. Vitamin E dapat mencegah berbagai masalah mata seperti penurunan daya lihat dan penyakit katarak yang bisa memicu kebutaan total. Banyak sekali bahan makanan yang mengandung vitamin E yang ada di sekitar kita seperti kacang-kacangan (kenari, almond, kedelai), kuaci, gandum, buah alpukat, buah kiwi, bayam, dan lainnya. Dengan adanya peran penting yang dimiliki untuk kesehatan mata maka vitamin E sangat layak bila disebut salah satu vitamin untuk kesehatan mata yang sangat utama dan penting.