5 Makanan Sehat untuk Mata


Menjaga kesehatan mata tak cukup hanya dengan memiliki pola hidup sehat, tetapi juga mencakup konsumsi makanan sehat untuk mata. Mata memang menjadi salah satu organ tubuh penting karena ketika seseorang mengalami masalah pada matanya maka ia akan mengalami berbagai kendala lain untuk melakukan aktivitasnya. Dengan melihat pentingnya organ mata untuk kehidupan kita, kita hendaknya mengetahui cara merawat kesehatan mata termasuk mengetahui berbagai jenis makanan sehat yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Tentu saja, dalam mengkonsumsi makanan, kita bisa mengkombinasikan dengan berbagai bahan makanan lainnya agar tetap enak dan lezat untuk dinikmati namun tetap mengacu pada pemilihan makanan yang bergizi.

5 Makanan Sehat untuk Mata

Wortel

Sejak dahulu, wortel memang sudah sangat akrab di telinga kita bahwa ini merupakan salah satu makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. dalam wortel terdapat kandungan beta karoten cukup banyak yang nantinya oleh tubuh bisa diolah menjadi vitamin A guna mencukupi nutri untuk penglihatan kita.

Telur

Hampir semua orang menyukai untuk makan telur dalam berbagai olahan meskipun tak sedikit orang yang ternyata alergi pada telur. Telur memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata seperti lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin berfungsi untuk mencegah penurunan daya lihat seseorang serta mencegah penyakit katarak. Selain itu, dalam telur juga mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Telur bisa menjadi salah satu makanan sehat untuk mata yang bisa diolah dalam berbagai variasi makanan favorit Anda.

Kuaci (biji bunga matahari)

Mungkin banyak orang mengira bahwa kuaci hanya bisa dimanfaatkan sebagai camilan khususnya bagi mereka yang sedang berdiet. Ternyata, kuaci atau biji bunga matahari ini juga bisa menjadi salah satu makanan sehat untuk mata karena dalam kuaci terdapat berbagai nutrisi penting untuk menunjang kesehatan mata seperti vitamin E, vitamin B2, zinc, dan selenium. Vitamin B2 berfungsi untuk mengatasi photophobia atau yang dikenal sebagai penyakit sensitivitas mata terhadap cahaya. Sedangkan vitamin E, selenium, dan zinc bisa membantu dalam pencegahan penyakit katarak ataupun gangguan mata yang disebabkan oleh proses penuaan.

Alpukat

Buah dengan daging lembut ini ternyata kaya akan lutein yang sangat penting untuk kesehatan mata. Bahkan, lutein yang terkandung dalam buah ini termasuk paling banyak dibandingkan pada berbagai buah lainnya. Selain itu, buah alpukat juga bisa menyerap nutrisi penting untuk kesehatan seperti alfa dan beta karoten yang nantinya berguna dalam proses pembentukan vitamin A.

Bawang putih

Bawang putih tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dalam meramu aneka masakan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Bawang putih mengandung beberapa nutrisi penting untuk kesehatan mata seperti selenium, vitamin C, dan vitamin B1. Bawang putih juga bisa memperkuat sel optik serta memperkuat daya tahan tubuh. Ini bisa membantu kita tetap sehat dan bugar sehingga tak ada salahnya bila bawang putih termasuk dalam makanan sehat untuk mata dan tubuh.