Senam Kesehatan Jantung, Perlukah Dilakukan?


Pada dasarnya, senam kesehatan jantung tidak hanya ditujukan bagi mereka yang menderita penyakit jantung. Senam ini dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Senam untuk penyakit jantung memiliki manfaat untuk membantu melancarkan aliran darah. Senam jantung juga cocok dilakukan di segala usia terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Semakin tua usia kita, performa dan kerja jantung kita akan semakin berkurang. Pada kondisi yang demikian, kita sangat membutuhkan metode yang bisa membantu memicu kerja jantung agar lebih optimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan senam untuk kesehatan jantung.

Manfaat Senam Kesehatan Jantung

Senam kesehatan jantung tentu berbeda dengan senam-senam lainnya. Meski demikian, inti dan tujuan dari senam jantung hampir sama yaitu untuk melancarkan peredaran darah. Ketika pembuluh darah kita mengalami sumbatan dari berbagai radikal bebas, kolesterol jahat, dan lemak, kita tentu membutuhkan suatu metode yang bisa membantu mengatasi sumbatan tersebut agar darah bisa mengalir dengan baik. Bila hal ini tidak dilakukan, maka sangat dimungkinkan kita bisa mengalami penyakit yang lebih berbahaya seperti stroke, jantung koroner, ataupun lainnya. Senam jantung akan sangat membantu dalam meningkatkan dan melancarkan peredaran darah. Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam senam ini juga merupakan gerakan yang bisa mendukung performa jantung. Gerakan dalam senam jantung tersebut bertujuan untuk memacu jantung untuk mengambil oksigen semaksimal mungkin sehingga tubuh bisa mendapatkan supply oksigen secara optimal. Dalam melakukan senam untuk jantung ini juga tak perlu lama. Kita bisa melakukannya selama 30 menit.

Jantung yang sehat adalah jantung yang memiliki denyut nadi normal dan mampu mengalirkan peredaran darah ke seluruh tubuh secara optimal. Tujuan utama dari berbagai gerakan senam kesehatan jantung adalah untuk menstabilkan dan menormalkan denyut nadi. Melakukan senam jantung tidak perlu setiap hari. Kita bisa melakukannya dua kali dalam seminggu. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari gerakan-gerakan senam jantung, kita sebaiknya melakukannya secara rutin dan berkelanjutan. Dan hal ini yang terkadang sulit untuk dilakukan padahal waktu yang dibutuhkan untuk melakukan senam jantung tidaklah lama yaitu sekitar 30 menit. Anda bisa mengambil waktu di pagi hari sebelum berangkat bekerja. Ini akan semakin mengoptimalkan hasil senam yang dilakukan pasalnya saat pagi hari udara masih bersih dan segar dan ini sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. 

Sebelum Anda melakukan senam jantung, Anda sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan tersebut memiliki tujuan untuk menaikkan denyut nadi secara bertahap. Hal ini juga penting untuk dilakukan agar tidak terjadi cidera. Demikian juga setelah melakukan senam jantung, Anda sebaiknya juga menutupnya dengan melakukan pendinginan agar denyut nadi bisa kembali normal. senam jantung tak hanya bagus untuk kesehatan jantung tetapi juga menghilangkan trigliserida yang bisa menyebabkan kegemukan. Bila Anda ingin memiliki jantung sehat, Anda sebaiknya rutin melakukan senam kesehatan jantung.