Pilah Pilih Makanan Penderita Diabetes


Memilih makanan penderita diabetes tidaklah serumit dan sesulit apa yang dibayangkan oleh banyak orang. Prinsip dasar dalam memilih makanan yang boleh dikonsumsi oleh para penderita diabetes adalah memilih jenis makanan yang tidak akan menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Ada banyak jenis makanan yang memenuhi syarat ini. Hal ini berarti para penderita diabetes tetap bisa menikmati makanan yang lezat dan juga sehat untuk kesehatan mereka.

Tips dalam Memilih Makanan Penderita Diabetes

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih makanan penderita diabates yang bisa dijadikan panduan praktis dalam merencanakan menu makanan sehari-hari:

  • Memilih jenis karbohidrat kompleks

Para penderita diabetes hendaknya mengurangi konsumsi makanan sumber karbohidrat sederhana seperti beras putih, pasta ataupun roti dan menggantinya dengan makanan sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah dan ubi jalar. Makanan seperti beras putih dan roti memiliki kadar indeks glikemic yang tinggi artinya makanan tersebut akan dengan cepat berubah menjadi glukosa di dalam tubuh

  • Mengurangi konsumsi gula

Baik yang berasal dari gula pasir yang ditambahkan dalam makanan atau minuman, namun juga dalam bentuk pemanis buatan yang memiliki nama lain seperti hig fructose corn syrup, fructose, malt syrup, dan berbagai nama lainnya.

  • Pilihlah makanan sumber lemak yang sehat

Diperbolehkan untuk memilih makanan penderita diabetes yang mengandung lemak, namun pastikan untuk memilih sumber lemak yang sehat. Makanan yang merupakan sumber lemak yang aman dikonsumsi penderita diabetes adalah minyak zaitun, berbagai jenis kacang-kacangan, buah alpukat, ikan tuna dan ikan salmon

Tips tersebut bisa dijadikan panduan dasar dalam membuat menu makanan untuk para penderita diabetes sehari-hari. Selain itu, ada juga beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk mereka yang menderita DM. Makanan-makanan ini memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh secara umum dan juga bisa membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Jenis makanan yang dimaksud adalah:

  • Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hitam. Makanan ini kaya akan serat, sumber protein yang baik dan juga kaya akan potassium dan magnesium
  • Berbagai jenis sayuran hijau yang kaya akan serat dan rendah karbohidrat
  • Ikan. Ikan merupakan sumber protein dan juga kaya akan lemak omega 3 yang bukan hanya baik untuk perkembangan otak, namun juga baik untuk membantu mengatasi peradangan.
  • Ubi jalar. Ubi jalar bisa dipergunakan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi putih karena memiliki indeks glikemiks yang rendah
  • Kayu manis. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis ternyata dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Kunyit. Bumbu dapur yang satu ini ternyata dipercaya memiliki kemampuan untuk mengatasi resistensi insulin dan wajib masuk dalam salah satu daftar makanan penderita diabetes yang bisa dikonsumsi setiap harinya.