Kadar Asam Urat Normal Yang Perlu Diketahui


Asam urat sebetulnya bukanlah sebuah problem yang harus ditakuti, terutama ketika Anda tahu bagaimana menjaga asam urat normal di dalam tubuh. Tubuh setiap hari memproduksi asam urat yang kemudian akan dicerna oleh ginjal, dan dikeluarkan dalam bentuk keringat dan urin. Bila proses ini terganggu, maka angka asam urat akan melonjak, dan pada gilirannya tubuh akan menjadi tidak normal. Di bagian persendian, akan muncul pembengkakan dan rasa sakit yang tidak tertahankan, dan inilah beberapa gejala di mana Anda akan merasakan munculnya penyakit asam urat. Penyakit asam urat muncul bila fungsi ginjal dalam mengolah serta mencerna asam urat terganggu. Namun bila dalam kondisi normal, asam urat bukanlah sebuah hal yang mesti dikhawatirkan.  

Asam urat menjadi mengganggu bila jumlahnya berlebih dan mulai mengganggu aktivitas keseharian Anda. Oleh karena itu semua orang mesti mengetahui berapa jumlah asam urat normal yang sepatutnya ada di dalam tubuh. Penyakit asam urat muncul karena kadar asam di dalam tubuh meningkat dan mengganggu performa tubuh. Pertanyaannya adalah: bagaimana menjaga kadar asam urat supaya tetap normal. Artikel ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut, pertama-tama dengan cara menguak angka kenormalan asam urat yang telah menjadi standar. 

Standar Asam Urat Normal

Pada dasarnya, pemeriksaan darah perlu dilakukan supaya orang tahu berapa standar asam urat normal yang dikategorikan sebagai sehat. Berikut beberapa nilai standar yang diterapkan oleh bahan kesehatan dunia: 
  • Anak berusia 10-18 tahun memiliki kadar asam urat sebesar 3,6-5,5 mg/dL. Angka sebesar ini untuk anak laki-laki. Sedangkan anak perempuan memiliki kadar asam urat normal sebesar 3,6-4 mg/dL. 
  • Sedangkan untuk pria di atas umur 40 tahun, tingkat normal asam urat ada di angka sebesar 2-8,5 mg/dL. Untuk perempuan ada di angka 2-8 mg/dL. 
  • Pria normal yang dewasa sangat wajar bila memiliki angka asam urat sebesar 2-7,5 mg/dL. Sedangkan bagi perempuan dewasa, angka normalnya adalah 2-6.5 mg/dL. 


Penyakit asam urat pada umumnya muncul karena gaya hidup yang tidak sehat, dalam arti penderitanya kerap mengkonsumsi sejumlah makanan yang mengandung purin dalam jumlah besar. Biasanya jenis makanan tersebut termasuk dalam golongan protein hewani (kambing, sapi, dan lain sebagainya) serta berbagai jenis minuman beralkohol. 

Guna mencegah asam urat, alangkah baiknya bila seseorang menerapkan pola hidup sehat dan teratur, termasuk menjaga apa yang masuk ke dalam mulutnya. Selain itu, akan lebih baik bila disertai dengan tindakan preventif, seperti melakukan diet asam urat dengan berpantang makan segala macam bahan makanan yang mengandung purin dalam jumlah besar. Dengan cara demikian, seseorang bisa menjaga kadar asam urat normal, serta yang paling penting, bisa menjaga dengan baik keseluruhan tubuhnya.