Pencegahan Asam Urat Secara Alami


Asam urat merupakan sebuah hal wajar yang terkandung di dalam tubuh, namun ia menjadi tidak wajar ketika Anda membutuhkan tindakan pencegahan asam urat. Tindakan tersebut pada dasarnya diambil ketika Anda merasa kadar asam urat dalam tubuh Anda berlebihan. Tanda-tanda kadar asam urat berlebihan bisa dilihat dari beberapa hal, misalnya: persendian yang terasa ngilu dan rasa sakit yang menyerang bagian tertentu. Lebih jauh lagi, tindak pencegahan sebetulnya tidak hanya bisa diambil oleh orang yang sudah menampakkan tanda-tanda asam urat. Lebih dari itu, tindak pencegahan juga mesti diambil oleh mereka yang sehat, normal, dan merasa baik-baik saja. Ini perlu dilakukan supaya tubuh tetap sehat dan tidak perlu merasa kesakitan oleh karena penumpukan asam urat di area persendian.  

Artikel ini akan membeberkan serangkaian tindak pencegahan asam urat yang perlu dilaksanakan supaya hidup Anda tetap sehat dan terhindar dari efek buruk kelebihan asam urat. Sebagaimana telah disebut di atas, asam urat merupakan hal yang wajar dan pasti ada di dalam tubuh manusia. Masalahnya sekarang adalah bagaimana mengontrol jumlah asam urat supaya tidak mengganggu hidup Anda.  Pertama-tama Anda bisa melakukan diet, dengan cara mengatur asupan makanan yang mengandung purin. Pada dasarnya tindakan untuk mencegah asam urat yang berlebihan bisa dilakukan dengan beragam cara, yang rinciannya bisa Anda lihat melalui paparan di bawah ini. 

Tindak Pencegahan Asam Urat Yang Perlu Dilakukan

Tindak pencegahan asam urat ternyata sangat mudah dilakukan, dan pada dasarnya bukan perkara yang sulit. Para pria mesti menjaga kadar asam urat di angka 3,5 sampai 7 mg/dL; sedangkan perempuan mesti menjaga kadar asam urat sampai 2,6 – 6 mg/dL. Di atas kondisi normal, seseorang bisa mengalami hiperurisemia, yang berarti kondisi di mana kandungan asam urat berada di atas normal. Orang yang memiliki asam urat tinggi biasanya akan menderita penyakit asam urat, yang antara lain ditandai dengan membengkaknya persendian dan rasa sakit yang sangat. 

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mencegah asam urat secara alamiah: 
  1. Menghindari konsumsi makanan mengandung purin. Oleh karenanya Anda mesti berpantang mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti kerang, udang, lobster, kambing, ikan trout, tuna, dan lain sebagainya. Namun ini bukan berarti bahwa Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan tersebut. Perkaranya adalah bagaimana Anda membatasi konsumsi makanan yang mengandung banyak purin. 
  2. Meminum kopi bisa menurunkan kadar asam urat secara alami. 
  3. Meminum susu dan meminum air putih juga bisa membantu menurunkan tingkat asam urat.

Pendek kata, usaha pencegahan asam urat bisa dilakukan dengan cara-cara alamiah, tanpa perlu meminum obat-obatan kimia tertentu. Perkaranya adalah bagaimana Anda kemudian bisa mencegah asam urat menumpuk dalam jumlah besar, di dalam tubuh.