Mengenali Gejala Jantung Koroner


Untuk Anda yang sudah berada di batasan usia dewasa menuju ke usia lanjut, perlu waspada akan adanya gejala jantung koroner yang mungkin mengintai Anda. Penyakit jantung koroner memang bertambah rentan menyerang mereka yang sudah mulai akan memasuki usia lanjut. Namun saat ini ternyata tidak hanya orang yang sudah lanjut usia yang bisa terserang penyakit ini bahkan anak-anak dan remaja pun sudah banyak yang menderita penyakit jantung yang sangat berbahaya ini. Penyakit jantung menjadikan kematian menjadi sangat dekat bahkan dikatakan sebagai pembunuh tercepat dan nomer 1 yang sebenarnya bisa dihindari, Penyakit jantung tidak untuk disepelekan sekalipun mungkin Anda merasa dalam keadaan tubuh yang luar biasa sehat dan prima. 

Gejala Jantung Koroner pada Manusia

Sekalipun mereka yang berada pada usia lanjut menjadi semakin besar persentase nya untuk terkena penyakit ini namun tidak ada salahnya sedini mungkin kita berusaha untuk mengenali dan mengetahui apa saja gejala jantung koroner sehingga ketika mungkin suatu saat diri kita sendiri atau keluarga dan kerabat dekat ada yang mengalami bisa segera mengambil tindakan yang tepat dan cepat. Penyakit jantung selalu berpacu dengan waktu karena itu jangan menyia-nyiakan setiap kesempatan yang ada. Berikut adalah beberapa gejala jantung koroner yang perlu Anda ketahui:
  • Timbulnya rasa nyeri pada bagian dada Anda diikuti dengan rasa sakit pada bagian kepala Anda
  • Mengalami detak jantung dengan irama yang tidak teratur
  • Sering mengalami sesak nafas padahal tidak memiliki riwayat penyakit asma
  • Mengalami pembengkakan pada bagian perut
  • Penurunan nafsu makan Anda serta merasakan rasa mual yang cukup berarti pada perut
  • Banyak keluar keringat tetapi tidak sedang dalam aktivitas fisik yang berarti
  • Sering merasakan lelah yang cukup berat walaupun tidak sedang melakukan aktivitas apapun
  • Pergelangan kaki dan bagian perut mengalami pembengkakan
  • Mengalami sakit pada bagian lengan sebelah kiri untuk pria dan pada tangan lengan kiri untuk wanita
  • Sering merasa sakit pada bagian punggung, leher, pundak, dada, bahu dan juga siku

Penyakit jantung koroner bukannya timbul begitu saja tanpa faktor resiko. Faktor keturunan memang menjadi salah satu penyebab namun kelebihan berat badan atau obesitas, perokok berat, konsumsi alkohol aktif, malas berolahraga, kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi adalah beberapa penyebab penyakit jantung koroner semakin banyak menyerang mereka yang bahkan masih berada pada usia yang cukup muda. Untuk itu, jauhi lah gaya hidup yang tidak sehat dengan menganut kebiasaan yang bisa menjauhi diri Anda sendiri dari penyakit berbahaya ini. Jangan lupa untuk selalu tetap waspada dengan setiap gejala jantung koroner yang mungkin saja Anda rasakan.