Wow! Ini Akibat Asam Urat dan Pengaruhnya pada Tubuh


Mungkin beberapa dari kita masih jarang mengetahui akibat asam urat dan bahaya yang bisa diakibatkan bila kadarnya di dalam tubuh meningkat. Pada mulanya, asam urat sebenarnya secara otomatis diproduksi juga oleh tubuh untuk berperan sebagai antioksidan alami. Antioksidan ini berguna untuk melakukan regenerasi sel serta menangkal radikal bebas. Namun demikian, dalam keadaan yang tidak normal, peningkatan asam urat yang terlalu tinggi akan menyebabkan masalah tersendiri. Gangguan seperti komplikasi berat penyakit lain juga bisa saja terjadi apabila asam urat tidak tertangani dengan baik. Oleh karena itu, mencegah supaya kadar asam urat dalam tubuh tetap normal adalah cara terbaik supaya tubuh tetap dalam kondisi sehat.

Bahaya pertama akibat asam urat yang sering dialami orang adalah nyeri sendi. Bagian sendi akan mengalami beberapa penumpukan kristal asam urat yang tentunya akan menjadi sumber masalah. Kemampuan bergerak pun akan terbatas akibat nyeri sendi semacam ini. Tidak jarang ada pula beberapa yang menjadi komplikasi hingga menjadi sakit gout. Sakit gout artrhritis merupakan peradangan pada sendi yang tentunya membutuhkan beberapa tindakan medis. Dokter biasanya akan memberikan obat-obatan anti peradangan untuk menangani masalah ini. Selain itu, pola makan dengan rendah purin dibutuhkan untuk menormalkan kadar asam urat yang ada dalam tubuh. Tentunya butuh usaha supaya asam urat dalam tubuh dalam batas normal.

Akibat Asam Urat Lain yang Harus Diwaspadai

Selain timbulnya peradangan pada sendi, asam urat yang meningkat pada tubuh juga berpotensi untuk merusak ginjal. Ginjal di dalam tubuh berfungsi untuk meregulasi zat sisa. Asam urat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan proses regulasi ini terganggu. Hal ini tidak menutup kemungkinan akan membuat rusak ginjal. Bila sudah demikian, maka penanganan terhadap asam urat diperlukan sedini mungkin. Tidak jarang kristal asam urat ini bisa menjadi sumber sakit batu ginjal. Imbangi tubuh dengan mengkonsumsi air putih supaya ginjal bisa bekerja dengan baik. Zat-zat sisa semacam kelebihan asam urat tersebut bisa diregulasi dengan baik nantinya. Asam urat yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga beresiko pada kejadian stroke. Tentunya ini merupakan komplikasi yang tidak diharapkan dari asam urat.

Menjaga kesehatan tubuh dengan membiasakan diri dengan pola hidup sehat merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Rajin mengkonsumsi sayuran disertai dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi secara tepat bisa menurunkan resiko terjadinya asam urat. Air putih juga bisa menjadi sumber mineral yang cukup berguna menetralisir kelebihan asam urat. Jangan lupa juga untuk rajin melakukan kontrol pada dokter supaya kesehatan tubuh tetap terpantau. Dengan menghindari akibat asam urat, kesehatan tubuh akan semakin meningkat dan beraktivitas pun bisa lancar.