Buah untuk Diabetes, Enak dan Menyehatkan


Nikmati kesegaran buah untuk diabetes yang dapat Anda jadikan obat pencegahan serta penyembuhannya. Buah begitu penting Anda konsumsi karena mengandung serat, vitamin, dan mineral yang penting bagi nutrisi tubuh Anda. Namun, di dalam buah pun terdapat fitokimia yang  bermanfaat bagi kesembuhan berbagai macam penyakit. 

Ketahui Buah untuk Diabetes Berdasarkan Nilai IG-nya

Diabetes merupakan penyakit akibat berlebihnya kadar gula darah di dalam tubuh. Sehingga, tidak bisa sembarang makanan dapat Anda konsumsi. Walaupun buah segar, namun ada buah tertentu yang merupakan buah untuk diabetes dengan indeks glikemik di bawah 50. 

  • Konsumsi buah apel dengan indeks glikemik 38 yang kaya akan vitamin C, serat, serta antioksidan. Bahkan, pada kulit buahnya juga terdapat pectin yang dapat mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Kebutuhan insulin pasien diabetes dapat berkurang hingga 35% dengan adanya kandungan asam galacturonic yang terdapat dalam pectin tersebut.
  • Berry-berryan dengan indeks glimekik paling rendah diantara berbagai buah-buahan juga tidak boleh Anda lewatkan. Berry-berryan pun mengandung vitamin C, serat, asaam folat, serta fitokimia yang tinggi. Buah ini mejaga kestabilan gula darah di dalam tubuh dengan lancarnya penyerapan sukrosa dan saluran pencernaan. Jenis berry-berryan yang dapat Anda konsumsi antara lain strawberry, blackberry, blueberry, dan raspberry.
  • Terdapat dua jenis jeruk yang dapat Anda jadikan sebagai buah untuk diabetes. Ada jeruk biasa dengan indeks glikemik 48 yang kaya akan serat dan vitamin C. Naringenin yang terkandung di dalam buah ini akan membantu kadar glukosa dan insulin di dalam darah lebih seimbang. Kadar lemak yang rendah dari buah ini cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Berat badan memang harus dijaga karena obesitas merupakan salah satu penyebab diabetes. Jenis jeruk selanjutnya adalah jeruk bali. Selain memiliki vitamin dan serat larut yang tinggi, dengan indeks glikemik 25, naringenin flavonoid juga terkandung dalam buah ini. BUah ini cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes tipe 2. Untuk mengurangi resiko penyakit berbahaya ini, Anda dapat mengkonsumsi jeruk sebagai bagian dari pencegahan 1-2 buah per harinya.
  • Buah ceri yang manis ternyata hanya memiliki indeks glikemik 22 saja, begitu rendah. Selain terdapat serat dan vitamin C, buah ini juga mengandung besi, folat, magnesium, kalium, beta karoten, antioksidan, serta senyawa kimia alami anthocyanin yang membentuk warna merah pada buah tersebut. Ternyata, pigmen warna buah tersebut berperan dalam menurunkan gula darah. Produksi insulin pun ditingkatkan hingga 50%.
  • Buah pir yang segar mengandung berbagai kebutuhan nutrisi tubuh mulai dari vitamin A, vitamin B1 dan B2, vitamin C, vitamin E, serat, niasin, asam folat, kalium, fosfor, tembaga, besi, magnesium, dan kalium. Indeks glikemiknya sendiri hanya 38. Penurunan kadar gula darah menggunakan obat ini telah digunakan, dan diketahui jenis Pir Cina lah yang paling baik. Selain bermanfaat bagi kesembuhan penyakit diabetes, konsumsi buah ini juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan melindunginya dari radikal bebas dengan antioksidan yang dikandungnya.
  • Terakhir, ada buah kiwi. Buah yang memiliki rasa asam segar ini kaya akan vitamin A, C, dan, E. Selain itu, ada juga kandungan flavonoid serta mineral yang jika dibandingkan dengan jeruk, semua kandungan dalam kiwi tersebut lebih banyak. Bahkan, kandungan kaliumnya pun lebih banyak jika dibandingkan dengan pisang. Kiwi mengandung antioksidan yang akan melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas secara menyeluruh. Gula darah terkontrol, kadar kolesterol jahat pun akan menurun.

Selain menyesuaikan dengan selera, sebaiknya Anda konsultasikan juga jenis buah untuk diabetes yang akan dikonsumsi tersebut dengan dokter agar sesuai dengan kondisi kesehatan dan tubuh Anda.