Kenali Berbagai Makanan Untuk Kesehatan Mata Anda


Ada banyak jenis makanan untuk kesehatan mata yang bisa dikonsumsi setiap hari agar mata tetap sehat hingga Anda bertambah usia. Makan makanan yang bergizi memang sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata karena selain harus dilindungi dari luar, mata juga harus dilindungi dari dalam dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup. Tentunya Anda tidak ingin mengalami gangguan pada mata khususnya pada usia muda. Pemakaian kacamata bisa dihindarkan selama Anda bisa menjaga nutrisi dan asupan gizi makanan yang Anda konsumsi.

Macam-Macam Makanan untuk Kesehatan Mata

Buah dan sayur merupakan jenis makanan untuk kesehatan mata yang sangat penting untuk dikonsumsi karena memberikan nutrisi yang cukup untuk mata. Untuk mengetahui buah apa saja yang baik untuk mata, pilihlah buah yang mengandung vitamin C karena vitamin C merupakan jenis antioksidan yang sangat baik untuk mata dimana zat antioksidan ini berfungsi melindungi mata dari radikal bebas. Buah yang mengandung vitamin C tinggi bukan hanya jeruk saja, tetapi Anda juga bisa mengkonsumsi apel, strawberry, dan tomat. Konsumsi vitamin C setiap hari akan memberikan dampak positif terhadap kesehatan mata. Selain buah, mengkonsumsi sayuran juga sangat penting. Pilihlah sayuran yang berwarna hijau untuk menjaga kesehatan mata. Sama seperti vitamin C, sayuran hijau juga dapat membantu melindungi mata dari radikal bebas. Anda bisa pilih sayuran hijau yang Anda sukai namun pilihlah jenis sayuran daun yang memberikan kandungan lutein serta zeaxanthin yang baik untuk mata.

Makanan untuk kesehatan mata juga bisa ditemukan pada sayuran yang berwarna orange. sayuran yang berwarna orange menandakan bahwa sayuran tersebut memiliki beta karoten yang cukup tinggi. Beta kroten sendiri merupakan zat antioksidan yang sangat diperlukan oleh mata. Hal ini karena beta karoten merupakan zat yang apabila masuk ke dalam tubuh bisa diubah menjadi vitamin A dan memberikan nutrisi untuk mata. Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan beta karoten sehingga sangat baik untuk mata.

Selain buah dan sayuran dengan kandungan beta karoten serta vitamin C, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti salmon. Omega 3 merupakan asam lemak yang sangat berguna untuk kesehatan mata. Salmon merupakan salah satu sumber omega 3 terbaik sehingga Anda bisa mengambil nutrisi tersebut secara maksimal dengan mengkonsumsi salmon secara teratur. Tidak hanya beta karoten, salmon juga mengadung vitamin D yang baik untuk mata. Masukkan makanan tersebut ke dalam menu harian Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjaga kesehatan mata. Anda juga bisa mencari alternatif lain makanan untuk kesehatan mata agar menu harian Anda lebih variatif dan tentunya bernutrisi.