Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak


Kesehatan mata anak sangat penting untuk dijaga agar nantinya saat dewasa mata tidak terkena berbagai penyakit. Ada berbagai aktivitas anak yang apabila tidak dikontrol akan mengganggu kesehatan mata mereka seperti menonton TV. Menonton TV terlalu lama dan terlalu dekat akan mempengaruhi kesehatan mata khususnya untuk anak-anak. Jadi sebagai orangtua sebaiknya Anda mulai memperhatikan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan anak agar mata mereka tetap terjaga kesehatannya sejak dini. Terlebih lagi mata anak sangat mudah terganggu karena masih dalam tahap masa pertumbuhan. Untuk itu orangtua memerlukan upaya ekstra untuk melindungi kesehatan mata mereka.

Menjaga Kesehatan Mata Anak dengan Baik dan Benar

Hal yang paling penting untuk dilakukan guna menjaga kesehatan mata anak adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat. Anak memerlukan nutrisi yang cukup agar kesehatan mata bisa tetap terjaga sejak usia dini. Orangtua perlu memberikan asupan gizi yang tepat dengan memberikan makanan bergizi seperti buah dan sayuran. Untuk kesehatan mata pilihlah jenis buah yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk dan buah tomat karena vitamin C merupakan zat antioksidan. Selain buah-buahan yang mengandung vitamin C, Anda juga perlu memberikan buah-buahan yang mengandung beta karoten seperti buah mangga untuk menjaga kesehatan mata. Sayur dengan kandungan beta karoten juga bisa menjadi alternatif yang tepat, hanya saja orangtua perlu menarik minat anak terhadap sayuran mengingat kebanyakan anak tidak menyukai sayuran.

Perhatikan beberapa kebiasaan anak yang dapat mengganggu kesehatan mata mereka seperti membaca sambil tidur atau menonton TV terlalu dekat. Pastikan Anda membiasakan anak Anda untuk tidak melakukan kebiasaan buruk tersebut agar saat Anda tidak mengetahui, anak Anda tidak akan melakukannya. Berikan pengertian terhadap anak Anda bahwa hal tersebut dapat membuat mata mereka sakit dan terganggu. Pastikan juga bahwa anak duduk tegak lurus dengan televisi saat sedang menonton agar anak tidak juling. Posisi anak saat menonton TV juga sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi kesehatan mata anak.

Saat ini sudah banyak kasus anak-anak yang sudah harus memakai kacamata di usia dini bahkan sebelum mereka menginjak usia 10 tahun. Hal ini bisa dikarenakan keturunan ataupun kebiasaan buruk yang dilakukan berulang-ulang. Memeriksakan mata anak secara teratur sejak 6 bulan pertama sangat disarankan untuk memastikan bahwa anak Anda tidak terkena gangguan mata. Pemeriksaan selanjutnya dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam setahun dimana saat anak belum menginjak umur tiga tahun. Sebelum anak sekolah sebaiknya juga perlu dilakukan pemeriksaan selama dua kali dalam setahun. Jika hingga saat itu tidak ditemukan kelainan, maka pemeriksaan selanjutnya bisa dilakukan setiap dua tahun. Dengan begitu kesehatan mata anak bisa benar-benar terjaga.