Terapi Jantung Sehat dengan Yoga


Melakukan terapi jantung untuk kesembuhan penyakit jantung ternyata tidak susah. Anda dapat melakukannya di rumah atau mengikuti kelasnya. Anda pun dapat melakukan terapi kesehatan ini sejak dini agar jantung Anda selalu sehat dan terhindar dari resiko penyakit mematikan tersebut. Olahraga, itulah caranya. Tidak perlu olahraga dalam bentuk yang berat. Anda bisa berjalan kaki yang santai, minimal 30 menit setiap harinya. Olahraga sehat, namun tidak boleh berlebihan. Ketika Anda olahraga terlalu berlebihan, jantung Anda akan dipicu bekerja lebih keras dan menyebabkan kelelahan. Hal ini tidak boleh dilakukan. Jenis olahraga lain yang bisa Anda lakukan di rumah untuk kesehatan jantung Anda yaitu yoga.

Yoga Terapi Jantung dan Keseimbangan Tubuh

Yoga merupakan olahraga yang berpengaruh pada keseimbangan tubuh. Emosi, kecerdasan, dan berbagai control diri lainnya akan dipengaruhi. Yoga memiliki banyak gerakan yang bermanfaat untuk kesehatan termasuk jantung Anda. Melalui terapi jantung ini, Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat, bentuk tubuh ideal, lebih rileks, serta terhindar dari stress.

Gerakan yoga yang baik untuk menjaga kesehatan jantung yaitu yoga yang dapat menurunkan hipertensi. Hipertensi menjadi salah satu penyebab masalah pada jantung. Biasanya, akibat gangguan pada jantung dengan denyutnya yang tidak stabil akan membuat Anda merasa gelisah dan tidak nyaman. Kondisi ini disebut dengan palpitasi. Yoga dengan gerakannya yang dapat membuat tubuh lebih nyaman dan rileks begitu dengan sistem pernafasan yang juga lebih teratur akan membuat denyut jantung kembali stabil. Saat ini, banyak kelas yoga untuk terapi penyakit jantung yang dapat Anda temukan dengan mudah. Namun, Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah menggunakan video tutorial yang dengan mudah dapat Anda lihat di internet. Gerakan yoga sangat ringan, Anda bisa melakukannya kapan saja khususnya pagi dan sore hari.

Manfaat fisiologis dari yoga sebagai terapi jantung telah dibuktikan oleh berbagai macam penelitian. Melakukan yoga minimal seminggu tiga kali dapat menurunkan hipertensi dan menstabilkan denyut jantung yang tidak normal. Yoga yang bersifat melenturkan tubuh akan melenturkan bagian pembuluh darah dan membuat kontraksinya lebih baik lagi. Kontraksi pembuluh darah yang lebih baik tersebut akan mengikis penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga aliran darah ke jantung kembali lancar. Penelitian selanjutnya yang membandingkan penderita sakit jantung dengan pengobatan medis dan yoga ternyata hasilnya lebih besar peluang sembuh penderita yang melakukan yoga dibandingkan mereka yang menggunakan obat. Variabilitas jantung sebagai indicator respon jantung terhadap sistem saraf otonom, dengan gerakan yoga menjadi lebih terkontrol. Bahkan, tidak hanya jantung saja yang terlindungi, bagian hati pun akan lebih sehat. Berbagai kecemasan dalam diri Anda akan hilang setelah melakukan berbagai gerakan terapi jantung ini.