Obat Ginjal yang Perlu Anda Ketahui


Adakah obat ginjal yang paling efektif selain cuci darah? Beragam jenis penyakit sepertinya dapat menyerang siapa saja, tanpa peduli usia dan jenis kelamin. Salah satunya penyakit ginjal yang akan mengganggu fungsi dari organ tersebut. Apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik, sisa metabolisme dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan dan akan berubah menjadi racun yang membahayakan tubuh. Kondisi inilah yang bisa memicu terjadinya gagal ginjal.

Obat Ginjal Menurut Pandangan Medis

Ginjal merupakan organ dalam yang paling penting. Secara sistematis, tugasnya adalah menghilangkan sisa atau sampah metabolisme melalui cairan baik urine maupun keringat. Apabila kinerjanya terganggu, maka sampah tersebut akan menjadi racun dan menyebabkan terjadinya masalah pada ginjal. Kondisi ini dapat dilihat dari beberapa gejala seperti mual, muntah, sakit kepala hebat sampai penurunan kesadaran. Pemberian obat ginjal menjadi pilihan yang paling umum dilakukan oleh para dokter dalam perawatan secara medis. Namun, faktanya, penyembuhan total masih belum bisa dicapai. Hal utama yang sebenarnya dilakukan dokter adalah:
  • Mencegah agar penyakit tersebut tidak menjadi semakin parah dengan cara mengendalikan gejalanya. Contohnya pada penanganan batu ginjal. Dokter memberikan obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan batu tersebut sehingga penyakit tidak semakin memburuk.
  • Memperlambat perkembangan penyakit. Seperti halnya pada penanganan terhadap penderita diabetes atau tekanan darah tinggi, pengobatan diberikan untuk memperlambat progressnya. Apabila resiko komplikasi tidak dapat dihindari, dokter akan menyesuaikan pemberian obat mengikuti kondisi tersebut.
  • Melakukan identifikasi dan persiapan untuk pemberian terapi pengganti ginjal. Jika pasien masuk dalam stadium G4, dokter akan menginformasikan kemungkinan terburuk sehingga pasien tersebut dapat menguatkan mental menghadapi stadium G5.

Pemberian obat pada penderita penyakit ginjal adalah cara yang konservatif. Tujuannya untuk memperlambat perkembangan penyakit itu dan sebisa mungkin menyelamatkan fungsi. Apabila gangguan hanya terjadi pada satu ginjal saja, maka Anda masih bisa memanfaatkan ginjal yang satunya. Tentu saja, tugas menjadi lebih berat untuk ginjal yang masih sehat, sehingga Anda harus memperhatikan langkah pencegahan agar ginjal tersebut tidak bernasib sama dengan yang satunya. Namun, saat keduanya sudah tidak lagi berfungsi dengan sebagaimana mestinya dan terapi melalui obat-obatnya kurang membantu, dokter akan melakukan tindakan lanjutan dimana Anda harus mengikuti prosedur cuci darah seumur hidup. Atau, jika beruntung, Anda dapat memperoleh penanganan berupa transplantasi ginjal.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan pada organ ginjal, misalnya radang dan infeksi bakteri. Pencegahan berkembangnya penyakit ke fase lebih serius masih bisa dilakukan dengan memahami gejalanya dari awal. Anda harus segera memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat. langkah ini dapat menjadi obat ginjal alami dan murah yang bisa dilakukan secara mandiri serta menghindarkan Anda dari kemungkinan mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia.