Pentingnya Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi


Kesehatan organ reproduksi harus senatiasa dijaga, karena organ reproduksi merupakan bagian tubuh yang vital dan rawan untuk terjangkitnya virus. Pasalnya organ vital merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai alur keluarnya zat-zat yang mengandung bakteri atau sisa pembuangan dari hasil metabolism tubuh. Pengetahuan tentang tata cara merawat dan menjaga kesehatan organ reproduksi juga diperlukan adanya sosialisasi dan pengetahuan yang benar agar tidak salah langkah yang justru membahayakan karena selain sensitive, organ reproduksi juga rawan akan terjangkitnyavirus dari luar. Selain penting sebagai organ yang berfungsi dalam pengeluaran sisa metabolism, organ reproduksi ini juga bagian yang sangat penting untuk menjaga atau melestarikan keturunan. Untuk itu Anda harus menyadari betapa pentingnya merawat dan menjaganya untuk investasi masa depan.

Kesehatan Organ Reproduksi Dapat Dijaga Melalui Pola Makan

Pola makanan sehat yang Anda konsumsi, juga dapat mempengaruhi kesehatan organ reproduksi. Alasannya, karena setiap makanan yang memiliki kandungan tidak sehat atau yang dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh, akan menyebabkan terganggunya kesehatan organ vital tersebut. Ada beberapa makanan yang harus diminamalkan dalam mengkonsumsinya untuk menjaga kesehatan reproduksi Anda. Diantaranya yaitu, kafein. Makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat menjadi salah satu faktor yang dapat menunrunkan kesuburan di dalam organ reproduksi Anda apabila dikonsumsi dalam jumlah besar setiap hari. Untuk itu, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi, soda serta makanan lain yang mengandung kafein sebaiknya diminimalisir. Berikutnya adalah alkohol. Alkohol merupakan salah satu bahan yang juga sangat tidak dianjurkan karena akan merusak kesuburan organ reproduksi terutama bagi wanita. Sebagian wanita kehilangan 50% kesempatan kehamilan disebabkan oleh konsumsi alkohol. Selain kedua bahan tersebut gula dan karbohidrat tertentu juga menjadi pemicu menurunnya kesehatan reproduksi Anda. Serta terdapat juga makanan yang mengandung pestisida berlebih juga makanan olahan dengan kandungan lemak trans. Diantara jenis makanan dan minuman dengan kandungan bahan tersebut akan sangat mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda terutama menyebabkan penurunan kesuburan. 

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Dengan Cara Merawat Diri

Merawat diri atau membersihkan diri merupakan langkah penting untuk menghindari adanya kuman atau bakteri yang bersarang pada organ reproduksi. Khususnya bakteri yang dibawa dari dalam tubuh oleh sisa hasil metabolisme. Untuk merawat organ reproduksi, dimulai dari rutin membersihkan organ reproduksi dengan menggunakan sabun atau antiseptic khusus untuk membersihkan organ reproduksi Anda. Biasakan membersihkan organ reproduksi menggunakan air dan sabun ketika selesai biang air. Akan lebih baik menggunakan air mengalir seperti keran agar bakteri lebih mudah terbawa. Gantilah pakaian dalam secara rutin minimal 2x sehari dengan yang benar-benar bersih. Hal ini akan mengurangi adanya bakteri yang bersarang pada pakaian dalam Anda. Hindari penggunaan celana dalam yang terlalu ketat. Karena celana dalam yang terlalu ketat dapat menimbulkan iritasi juga menyebabkan peredaran darah tidak lancar. Untuk wanita, saat haid sebaiknya pilihlah pembalut yang benar-benar higenis dan terpercaya. Juga gantilah secara rutin agar bakteri tidak bersarang pada organ reproduksi Anda. Jagalah kelembapan organ reproduksi agar tidak menimbulkan jamur atau bakteri berkembang biak di sana, juga jangan lupa rutinlah mencukur bulu kemaluan minimal sebulan sekali karena bulu yang terlalu lebat juga akan menjadi sarang bakteri. Biasakanlah hidup bersih untuk menjaga kesehatan organ reproduksi Anda.