Tips Sederhana dan Mudah dalam Merawat Kesehatan Mata


Mata merupakan salah satu panca indra yang berperan penting dalam kehidupan manusia sehingga kita hendaknya mengetahui cara merawat kesehatan mata dengan baik agar mata bisa selalu sehat, berfungsi dengan baik, serta terawat. Banyak orang melakukan berbagai hal yang bisa merugikan kesehatan mata tanpa mereka sadari seperti menggunakan gadget terlalu dekat dengan mata dan dalam intensitas yang cukup sering, membaca buku di ruang yang memiliki pencahayaan kurang, ataupun lainnya. Hal-hal tersebut memang tidak menimbulkan dampak secara langsung, namun bila dilakukan secara berkelanjutan, ini bisa menimbulkan masalah pada mata seperti rabun. Dalam menjaga kesehatan mata, kita hendaknya bisa memahami kondisi kesehatan kita secara menyeluruh serta bagaimana lingkungan kita tinggal karena menjaga kesehatan mata hendaknya dilakukan baik dari dalam maupun luar.

Cara Merawat Kesehatan Mata

Kondisi tubuh setiap orang bervariasi termasuk adanya kemungkinan penyakit turunan yang dimiliki tanpa kita sadari. Alangkah baiknya ketika Anda ingin merawat kesehatan mata, Anda baiknya berkonsultasi dengan orang tua ataupun saudara guna mengetahui apakah ada kemungkinan penyakit yang dapat menurun. Bila Anda merasa kurang puas dengan jawaban yang diperoleh, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli medis. Hal ini penting untuk dilakukan guna mengetahui kondisi tubuh Anda secara umum termasuk kondisi mata Anda. Selain itu, dengan mengetahui kondisi tubuh Anda termasuk adanya kemungkinan memiliki penyakit turunan, hal ini bisa mengupayakan penanganan terhadap masalah tersebut sedini mungkin sehingga tidak menimbulkan suatu gangguan yang lebih serius nantinya.

Dalam merawat kesehatan mata Anda, Anda sebaiknya memahami berbagai hal yang bisa menyebabkan masalah-masalah yang mungkin timbul pada mata seperti rabun, katarak, kanker, ataupun masalah lainnya. Perawatan kesehatan mata yang bisa dilakukan tak harus mencakup hal-hal besar. Anda bisa mulai dari masalah yang sederhana seperti menjaga jarak pandang ketika menggunakan komputer ataupun gadget canggih lainnya serta ketika sedang membaca. Pancaran sinar monitor yang terlalu terang bisa membuat mata menjadi mudah lelah. Anda sebaiknya menjaga jarak pandang sekitar 50 cm dari monitor untuk menghindari pancaran sinar yang terlalu silau. Ketika membaca, Anda bisa memilih jarak 30 cm. Ini merupakan jarak aman untuk membaca. Selain menjaga jarak pandang ketika membaca ataupun di depan komputer, Anda sebaiknya juga tidak mengucek mata. Ketika mata Anda terasa gatal ataup pedih karena terkena debu ataupun hewan kecil, Anda sebaiknya tidak mengucek mata tersebut. Tangan Anda mungkin saja dalam kondisi yang tidak steril sehingga bila digunakan untuk mengucek, ini bisa menimbulkan iritasi ataupun masalah lainnya. Anda bisa menggunakan tetes mata yang tersedia di pasaran. Namun tentu saja, penggunaan tetes mata hendaknya sesuai aturan dan tidak terlalu sering.

Konsumsi makanan bergizi terutama yang kaya akan vitamin A dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata amat penting untuk dilakukan. Ada banyak buah, sayuran, serta makanan lainnya yang bisa menunjang kebutuhan nutrisi mata sehingga mata bisa senantiasa sehat dan terawat seperti telur, tomat, wortel, pisang, coklat hitam, ataupun brokoli. Tentu saja, untuk menjaga kesehatan mata, Anda sebaiknya juga memiliki waktu istirahat yang cukup. Ketika bekerja di depan komputer ataupun asyik membaca buku, Anda sebaiknya memberikan waktu jeda untuk mengistirahatkan mata sejenak. Anda bisa melakukan berbagai hal yang mudah dan menyenangkan namun ternyata bisa membawa banyak manfaat dalam merawat kesehatan mata.