Gejala Penyakit Asam Urat Dapat Dicegah


Menghindari gejala penyakit asam urat adalah langkah pencegahan yang tepat. Pernakah Anda merasa nyeri di bagian persendian tertentu seperti tumit, lutut, jempol kaki, pergelangan tangan atau pergelangan kaki? Sensasi yang timbul seperti rasa terbakar terutama di malam hari. Apabila Anda mengalami hal tersebut, ada kemungkinan Anda mengalami asam urat. Penyakit ini muncul disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah yang kemudian menumpuk di area persendian. Pada awalnya identik dengan penyakit orang tua, tetapi kini asam urat juga bisa terjadi pada orang muda.

Gejala Penyakit Asam Urat Ternyata Bisa Dikurangi

Gejala penyakit asam urat umumnya terjadi dalam empat tahapan. Sebab tahap pertama, gejala yang muncul hanya berupa serangan dalam waktu singkat, penderita sering mengabaikan hal tersebut. Perhatian yang lebih biasanya baru diberikan setelah munculnya rasa nyeri dalam waktu yang lama dan berulang-ulang. Inilah yang disebut tahap artritis gout akut intermiten dimana telah terjadi peradangan. Pemberian obat-obatan memang terbukti mampu mengurangi sensasi kurang nyaman tersebut, tetapi penanganan asal urat akan lebih baik apabila diikuti dengan menjalankan gaya hidup sehat termasuk diet dan olahraga. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu pencegahan timbulnya lagi gejala penyakit asam urat:
  • Menghindari makanan yang mengandung zat purin tinggi sebab makanan tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Beberapa makanan yang tinggi akan zat purin adalah ikan tuna, sarden, hati, daging jeroan, kaldu, udang dan kerang.
  • Mengurangi konsumsi minuman beralkohol. Bir dan anggur, misalnya, mengandung zat purin yang sangat tinggi sehingga dapat memperburuk kondisi asam urat. Minuman bersoda juga memiliki efek yang sama dengan minuman beralkohol.
  • Mengkonsumsi susu. Menurut riset, mengkonsumsi segelas susu perhari dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah hingga 0.25mg/dl.
  • Mengkonsumsi cerry, seledri dan stroberi. Ketiga makanan atau buah tersebut memiliki komponen bisa memerangi asam urat yaitu antioksidan.
  • Mengkonsumsi vitamin C atau multivitamin. Dosis vitamin C yang dianjurkan untuk mencegah asam urat yaitu 500mg per hari. Selain itu, satu tablet multivitamin juga memiliki manfaat yang sama. Pilihlah yang paling kuat dan memiliki kandungan mineral seperti zinc, kalsium dan magnesium.
  • Menurunkan berat badan. Berat badan berlebih bisa mempengaruhi kinerja organ ginjal yang memiliki keterkaitan dengan tingginya kadar asam urat di dalam darah. Untuk menghindari hal tersebut, maka pasien disarankan untuk berolahraga teratur atau menurunkan berat badan.

Langkah pencegahan yang tepat akan menghindarkan Anda dari keharusan mengeluarkan dana besar untuk melakukan pengobatan. Selain itu, penggunaan obat-obatan secara terus menerus sampai benar-benar pulih juga dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Itulah mengapa melakukan pencegahan terhadap gejala penyakit asam urat bisa menjadi solusi tepat yang alami dan aman.