Makanan yang Menjadi Pantangan Asam Urat


Di era modern seperti saat ini, banyak orang berburu informasi tentang berbagai makanan yang menjadi pantangan asam urat. Ya, asam urat memang menjadi salah satu masalah yang seringkali dialami oleh kebanyakan orang terutama mereka yang berusia di atas 30 tahun. Penyakit asam urat timbul akibat adanya penumpukan kristal asam urat pada persendian akibat konsumsi makanan yang tinggi zat purin ataupun karena adanya penyakit tertentu. 

Beberapa persendian yang rentan menjadi sasaran penyakit asam urat adalah jari kaki terutama jempol, pergelangan tangan, jari tangan, lutut, dan tumit. Semua orang memiliki kemungkinan bisa mendapatkan masalah asam urat, namun pria dan orang-orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki resiko lebih besar. Penyakit asam urat sangat rentan akibat makanan yang dikonsumsi, maka bila Anda merupakan seseorang yang termasuk rentang terkena asam urat, Anda sebaiknya mengetahui beberapa jenis makanan yang dipantang bagi penderita asam urat.

Makanan Pantangan Asam Urat

Anda mungkin menemukan obat untuk mengatasi penyakit asam urat dengan kualitas bagus. Namun, hal ini tidak akan memberikan hasil maksimal ketika Anda tidak menjaga pola makan secara efektif. Anda sebaiknya mengetahui beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan asam urat dan sebaiknya dikurangi bahkan dihindari untuk mencegah masalah asam urat Anda semakin buruk. Beberapa makanan tersebut antara lain:
  • Seafood atau makanan laut

Memang tidak semua seafood menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Namun, ada beberapa makanan laut yang sebaiknya dihindari ataupun dibatasi konsumsinya seperti kerang, ikan teri, cumi-cumi, sotong, ikan tuna, tiram, dan ikan asin. Anda mungkin bisa mengkonsumsi seafood lainnya seperti udang, kepiting, lobster, ataupun belut laut yang memiliki kandungan purin lebih rendah dan relatif aman bagi penderita asam urat.
  • Jeroan

Ya, makanan ini sebaiknya memang dibatasi bahkan dihindari bagi penderita asam urat. Jeroan terdiri dari dari hati, babat, ginjal, paru, usus, dan limpa.
  • Sayuran tinggi purin

Beberapa sayuran memiliki kandungan zat purin cukup tinggi seperti bayam, asparagus, jamur, serta kembang kol. Anda bisa mengganti sayuran tersebut dengan beberapa sayuran yang bisa mengobati asam urat seperti sawi hijau, sawi putih, labu kuning, serai, dan tomat.
  • Kacang-kacangan

Sejak dulu orang sudah mempercayai bahwa berbagai jenis kacang-kacangan menjadi makanan pantangan asam urat seperti kacang tanah, kacang kedelai, dan melinjo. Hal ini juga termasuk dalam beberapa olahan kacang tersebut seperti tempe, tahu, susu kedelai, emping, tauco, tauge, bahkan oncom. 

Beberapa contoh makanan lain yang juga termasuk dalam pantangan bagi penderita asam urat antara lain: keju, telur, bebek, angsa, kalkun, daging sapi, daging kambing, abon, kornet, dendeng, sarden, minuman beralkohol (seperti bir dan wine),nanas, durian, dan minuman ringan yang mengandung fruktosa tinggi. Anda bisa mencegah dan menghindari resiko asam urat ketika Anda memiliki pola hidup dan pengaturan makanan yang baik termasuk mengetahui beberapa makanan yang tergolong dalam pantangan asam urat.