Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Baik untuk Tubuh


Makanan untuk penderita diabetes berbeda dengan makanan bukan penderita diabetes karena ada beberapa hal yang harus dipenuhi di dalam tubuh berkaitan dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh yang sulit diserap. Dengan berbedanya kondisi didalam tubuh maka makanan yang harus dikonsumsi pun berbeda. Bagi penderita diabetes, ada makanan yang harus dimakan dan tidak boleh dimakan. Makanan yang harus dimakan merupakan makanan yang dapat membantu meningkatkan insulin di dalam tubuh dan membuat penyakit diabetes menjadi berkurang. Makanan-makanan tersebutlah yang harus Anda konsumsi setiap hari jika Anda merupakan penderita diabetes. Terlebih lagi karena penyakit diabetes kebanyakan disebabkan oleh makanan, maka menjaga pola makan dan memilih makanan yang tepat untuk dimakan sangatlah penting.

Jenis-Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes

Ada berbagai macam makanan untuk penderita diabetes yang bisa Anda konsumsi salah satunya adalah cokelat hitam. Selain rasanya yang nikmat, coklat ternyata memberikan banyak manfaat untuk tubuh terlebih untuk penderita diabetes. Kandungan flavanoid yang ada pada coklat dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Tentunya hal ini berdampak baik karena glukosa dalam darah dapat diserap dan diolah dengan baik. Namun pastikan untuk mengkonsumsi hanya coklat hitam, bukan coklat susu atau milk chocolate. Brokoli juga baik untuk penderita diabetes karena mengandung senyawa yang disebut dengan sulforaphane yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah. Senyawa ini juga berfungsi mengontrol kadar glukosa dalam darah. Ada banyak manfaat brokoli utnuk tubuh yang bisa Anda rasakan berkaitan dengan diabetes.

Jika Anda suka mengkonsumsi buah-buahan, cobalah konsumsi buah blueberry yang baik untuk penderita diabetes karena kandungan serat larut serta serat tak larut. Serat larut dalam blueberry sangat bermanfaat dalam mengontrol gula darah karena serat tersebut dapat membantu tubuh mengolah glukosa dalam darah. Anda bisa membuat diet blueberry dengan cara meminum sekitar dua setengah gelas dalam sehari selama dua belas hari dan lihat perbedaannya. Anda akan menemukan bahwa gula darah dalam tubuh Anda pun menurun. Kandungan antosianin dalam blueberry lah yang membuat glukosa dalam tubuh terkontrol dengan baik karena senyawa ini dapat membuat tubuh menghasilkan adiponektin. 

Untuk sarapan cobalah mengkonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi ataupun roti. Oatmeal juga mengandung karbohidrat yang dapat membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lama. Selain itu, serat di dalam oatmeal juga dapat membantu menurunkan gula dalam darah. Sebaiknya pilihlah oatmeal yang bukan oatmeal instan atau disebut dengan steel cut oats karena kandungan glikemik dalam oats non instan rendah. Itulah beberapa makanan untuk penderita diabetes yang bisa Anda coba untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan menurunkan resiko penyakit diabetes yang semakin parah.