Kadar Asam Urat Normal Dalam Tubuh


Kadar asam urat normal di dalam tubuh manusia dapat ditentukan dalam jumlah batasan tertentu. Kadar yang normal ini telah ditetapkan oleh WHO sehingga dapat dicek untuk menentukan apakah masih dalam kadar yang normal atau tidak. Di dalam tubuh manusia, asam urat merupakan bagian dari metabolisme purin. Keberadaannya dalam jumlah yang normal di dalam tubuh tidak akan menuai masalah, Namun, ketika terjadi peningkatan yang tidak normal dari kadar asam urat ini, tentu akan menimbulkan beberapa permasalahan yang mengganggu kesehatan tubuh. Permasalahan itu diantaranya yaitu terjadi penumpukan kristal asam urat di dalam persendian. Proses penumpukan ini akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri yang hebat. 

Asam urat sebenarnya sudah ada di dalam tubuh secara alami dalam jumlah yang normal. Asam urat yang ada ini bukanlah suatu penyakit, tetapi jika nilainya jauh dari batas normal maka akan disebut sebagai penyakit yang perlu diwaspadai. Untuk itu berapa kadar asam urat normal dalam tubuh manusia perlu diketahui agar Anda bisa segera melakukan pengecekan lebih lanjut jika dideteksi kadar yang dimiliki cukup tinggi. Dengan mengetahui kadar yang normal, Anda bisa lebih hati-hati dalam menyikapi penyakit, sehingga dapat menghindari resiko dan berbagai bahaya atau permasalahan yang mungkin dijumpai untuk penyakit ini. WHO sebagai badan kesehatan dunia telah menetapkan jumlah yang normal untuk kadar asam urat, sehingga dapat menjadi batas penentuan.

Kadar Asam Urat Normal Menurut WHO

Saat ini mungkin tidak banyak yang mengenal berapa nilai dari kadar asam urat yang normal. WHO telah menetapkan bahwa kadar asam urat yang normal untuk wanita dan pria berbeda-beda. Kadar asam urat normal menurut WHO pada wanita, yaitu berkisar 2,6 – 6 mg/dl. Sedangkan kadar untuk pria berkisar 3.5 – 7 mg/dl. Kadar asam urat yang normal ini dapat meningkat atau menjadi lebih rendah karena dipengaruhi asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk itu, agar kadar ini tidak meningkat, para penderita asam urat sangat disarankan untuk memilih makanan yang tepat dan menghindari beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Jenis makanan yang kandungan asam uratnya tinggi yaitu seperti jeroan, seafood, bayam, dan beberapa jenis makanan lainnya.

Untuk melakukan pengecekan asam urat, dapat dilakukan dengan teknik biasa dan dapat juga dicek berdasarkan tes enzimatik. Pada teknik biasa, nilai normal untuk kadar ini yaitu maksimum 8 mg/dl. Sedangkan pada tes enzimatik, kadar normalnya yaitu maksimum 7 mg/dl. Dengan melakukan pengecekan, Anda akan lebih bisa mengenal gangguan yang ada di dalam tubuh. Jika hasil yang ada menunjukkan bahwa angka pengecekan diatas normal, maka dipastikan Anda menderita asam urat tinggi sehingga harus ditangani lebih lanjut. Itulah cara pengecekan dan batasan kadar asam urat normal di dalam tubuh.