Gejala Penyakit Jantung yang Sebaiknya Diwaspadai


Secara umum, gejala penyakit jantung merupakan salah satu aspek penting yang perlu Anda perhatikan mengenai penyakit ini. Penyakit jantung merupakan jenis penyakit kardiovaskular yang juga dianggap sebagai salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai penyakit ini adalah faktor penyebabnya. Beberapa faktor penyebab penyakit jantung antara lain adalah faktor genetik atau keturunan, diabetes, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh, obesitas, kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol, serta gangguan tidur. Selain mengetahui penyebab penyakit jantung, Anda juga perlu mengetahui gejala penyakit ini sehingga Anda bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan meminimalisir resiko penyakit ini. 

Mengetahui gejala suatu penyakit merupakan langkah awal dalam mencegah atau mengatasi penyakit tersebut. Mengingat resiko penyakit jantung yang cukup tinggi, mengetahui gejala penyakit jantung mungkin merupakan hal yang penting untuk Anda perhatikan. Ada beberapa hal yang bisa dikategorikan sebagai gejala munculnya penyakit jantung. Gejala pertama yang cukup umum dijumpai pada penderita penyakit jantung adalah rasa sakit yang muncul pada bagian kepala. Migrain atau rasa sakit pada area kepala bisa jadi merupakan gejala dari penyakit jantung. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh terganggunya peredaran darah ke bagian kepala yang merupakan salah satu indikasi terganggunya fungsi jantung dan sistem peredaran darah pada tubuh Anda. 

Gejala Penyakit Jantung Berupa Rasa Nyeri 

Selain sakit kepala, hal lain yang merupakan gejala dari penyakit jantung adalah munculnya rasa nyeri pada bagian dada. Rasa nyeri yang muncul pada bagian dada sebenarnya bisa saja merupakan gejala penyakit lain. Meski demikian, pada sebagian besar kasus, rasa nyeri yang muncul pada bagian dada biasanya erat kaitannya dengan terganggunya fungsi jantung. Selain rasa sakit atau nyeri pada bagian dada, gejala penyakit jantung juga dapat berupa rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. Rasa sakit atau nyeri yang muncul pada bagian tubuh tertentu mengindikasikan adanya gangguan pada peredaran darah yang disebabkan gangguan fungsi jantung. Bagian tubuh yang biasanya mengalami rasa sakit atau nyeri antara lain adalah tangan, bahu, siku, punggung, dan leher.

Mudah merasa lelah juga dapat dianggap sebagai salah satu gejala umum dari munculnya penyakit jantung. Jika Anda merasa sangat lelah ketika bangun tidur, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala dari penyakit jantung. Gejala lain yang bisa menjadi indikasi penyakit jantung adalah sesak napas. Kondisi ini biasanya disebabkan karena terjadinya penyumbatan pada peredaran darah atau akibat penebalan pada dinding otot jantung. Rasa mual dan mudah berkeringat juga dianggap sebagai gejala dari penyakit jantung yang perlu diwaspadai. Selain itu, gejala penyakit jantung lainnya adalah rasa cemas yang berlebihan serta terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.