Larangan Asam Urat dan Anjurannya


Penderita penyakit asam urat memiliki sederet larangan asam urat yang harus dihindari dan beberapa anjuran yang perlu diikuti. Larangan dan anjuran ini diperlukan untuk sikap kehati-hatian sehingga penderita asam urat tidak salah dalam memilih makanan, atau melakukan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan tubuh. Larangan yang ada menjadi pantangan yang harus dijauhi supaya penyakit yang diderita tidak semakin berlarut-larut dan dapat ditangani dengan sederet anjuran yang ada. Jika larangan tidak dihiraukan, maka kemungkinan resiko buruk bisa saja terjadi. Misalnya akan terjadi pembengkakan dan peradangan yang membuat rasa nyeri tak tertahankan. Menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda mengenal apa saja larangan dan anjuran untuk penderita asam urat.

Penderita asam urat diharuskan untuk pilih-pilih dalam mengkonsumsi suatu makanan. Hal ini karena banyak jenis makanan yang tidak baik untuk penderita asam urat sehingga menjadi larangan asam urat yang harus diperhatikan. Pertama, penderita penyakit yang satu ini harus menghindari makanan yang banyak mengandung purin, karena purin yang tinggi akan meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh sehingga semakin memperburuk keadaan. Dalam kondisi ini, penderita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan potasium tinggi seperti yogurt, kentang, dan pisang. Selain itu, mengkonsumsi buah yang memiliki banyak vitamin C juga sangat disarankan, diantaranya yaitu pepaya, jeruk, dan stroberi. Selanjutnya penderita asam urat juga dilarang mengkonsumsi fruktosa dalam jumlah yang banyak sehingga beberapa jenis makanan seperti permen, gula, sirup, dan gulali harus dikurangi konsumsinya. Penderita lebih disarankan untuk mengkonsumsi karbohdirat kompleks seperti nasi, ubi, singkong, dan roti.

Beberapa Kebiasaan yang Menjadi Larangan Asam Urat 

Beberapa kebiasaan sehari-hari mempunyai efek yang buruk untuk asam urat, sehingga menjadi larangan asam urat. Kebiasaan yang paling menonjol adalah dalam pemilihan makanan, dimana dijelaskan sebelumnya ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari dan dianjurkan. Beberapa buah dan sayuran mungkin terlihat bergizi bagi tubuh, tetapi dalam pemilihannya tidak boleh sembarangan. Sayur dan buah yang bagus dan dikenal dapat mengobati penyakit ini yaitu seperti belimbing wuluh, buah naga, jahe, sawi putih, sawi hijau, labu kuning, tomat, dan serai. Selain makanan tersebut, ada beberapa jenis obat-obatan yang juga dilarang, misalnya aspirin dalam dosis yang tinggi dilarang untuk penderita asam urat karena dapat meningkatkan kadar asam urat. 

Beberapa kebiasaan yang harus dihindari yaitu dalam bekerja, dimana penderita penyakit ini dilarang untuk bekerja terlalu berlebihan hingga kelelahan. Penderita asam urat juga sebaiknya mengontrol berat badan dan menghindari obesitas karena kadar asam urat lebih mudah meningkat pada tubuh yang gemuk. Dalam mengkonsumsi makanan dianjurkan untuk menyesuaikan asupan energi dengan menghitung kebutuhan tubuh yang didasarkan pada berat dan tinggi badan. Untuk itu, waspadalah dalam melakukan kebiasaan sehari-hari dan hindari berbagai resiko buruk yang dapat muncul dengan menghindari larangan asam urat.