Tips Kesehatan Wanita Hamil


Kehamilan merupakan kondisi di mana seorang perempuan mesti benar-benar memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuhnya. Artinya, seorang wanita yang sedang hamil harus tahu serangkaian hal yang tidak dan boleh dilakukan selama masa kehamilan. Hal ini perlu dilakukan supaya wanita hamil bisa menjaga kesehatan diri serta janinnya dengan baik. Artikel ini akan sedikit membicarakan tentang bagaimana menjaga kesehatan wanita hamil, dengan cara membeberkan berbagai hal yang layak maupun tidak layak dilakukan ketika berada di dalam fase tersebut. 

Adalah hal yang sangat kritis dan penting bagi seorang ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan janin yang dikandungnya. Lebih jauh lagi, ada beberapa macam resiko yang mesti diterima oleh ibu hamil ketika dia tidak mampu menjaga kesehatan diri dan janinnya dengan baik. Salah satu hal yang harus dijaga benar-benar dalam masa kehamilan adalah apa yang masuk ke dalam mulut seorang ibu hamil. Seorang perempuan yang tidak sedang hamil bisa makan apa saja sesukanya, namun ia tidak bisa melakukannya lagi ketika sedang dalam masa kehamilan. Kesehatan wanita hamil bisa dijaga dengan asupan makanan dan minuman yang tepat, dan karenanya seorang ibu hamil memerlukan kalsium dan protein yang cukup demi mendukung perkembangan tulang dan jaringan tubuh bayi. Di titik ini kita bisa bertanya lebih lanjut: jenis makanan seperti apa yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil? 

Beberapa Tips Untuk Menjaga Kesehatan Wanita Hamil


Hal pertama yang mesti dilakukan guna menjaga kesehatan wanita hamil adalah memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Berikut beberapa daftar makanan yang semestinya dikonsumsi oleh ibu hamil:

  • Yogurt rendah lemak

Pada intinya, segelas yogurt rendah lemak dan tanpa gula merupakan pilihan minuman yang baik, sebab ia mengandung lebih banyak kalsium, bila dibandingkan dengan susu. Selain itu, yogurt juga terbukti sebagai minuman yang mengandung banyak protein. 
  • Berbagai jenis beri

Ini termasuk blackberries, raspberries, maupun blueberries, di mana ketiganya kaya akan serat, folat, kalium, dan vitamin C. 
  • Telur

Yang satu ini sangat bermanfaat bagi bayi Anda, karena mengandung asam amino dan berbagai macam mineral serta vitamin. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. 
  • Ikan salmon

Seorang perempuan hamil bisa mendapatkan Omega-3 dari salmon, yang kaya akan vitamin B dan protein. 
  • Kacang-kacangan

Jenis ini kaya akan serat dan protein, serta merupakan sumber gizi di mana wanita hamil bisa memperoleh zat besi, folat, serta kalsium. 

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan seperti yang telah disebut di atas merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan wanita hamil. Lebih jauh lagi, kelima jenis makanan tersebut juga bakal membantu ibu hamil mendapatkan kesehatan janin dan tubuh yang optimal.