Fakta-fakta Seputar Kanker Serviks


Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang patut diwaspadai oleh kaum hawa. Terdapat beberapa penyebab yang telah diidentifikasi memicu kanker ini. Kondisi ini termasuk menguntungkan sebab banyak jenis kanker lain yang hingga hari ini masih belum diketahui penyebabnya. Dengan menghindari penyebab kanker ini, tentu harapannya semua wanita bisa mewaspadai jenis kanker penyerang organ reproduksi ini. Sebab, selain menyebabkan gangguan kesehatan, jenis kanker ini juga memiliki efek yang lebih parah bahkan meskipun pasien sudah dinyatakan sembuh. Kanker serviks pada stadium yang parah bisa berakibat fatal. Sedangkan penanganannya bisa menyebabkan wanita kehilangan fungsi reproduksi, yakni tidak bisa mengandung. Bagi para wanita yang telah lama mendambakan buah hati, mendengar kabar bahwa dirinya didiagnosis kanker ini tentu bukan suatu kabar baik.

Infeksi HPV atau Human Papillomavirus pada bagian kewanitaan adalah salah satu penyebab munculnya kanker ini. HPV adalah sebutan bagi sekitar 150 virus terkait yang umumnya ditularkan melalui hubungan seksual. Infeksi HPV pada bagian serviks dapat menyebabkan cervical dysplasia atau pertumbuhan tidak normal pada bagian serviks. Pertumbuhan tidak normal ini selanjutnya bisa berkembang menjadi kanker yang sangat membahayakan bagi kesehatan. Karenanya, untuk menghindari jenis kanker serviks, sangat tidak disarankan bagi wanita manapun untuk berganti-ganti pasangan seksual, apalagi yang dilakukan dengan tidak aman. Sedangkan penyebab lain kanker ini meliputi kebiasaan-kebiasaan seperti merokok hingga menggunakan pil KB tertentu.

Mengenal Gejala Penyakit Kanker Serviks

Karena penyebab kanker ini sudah banyak diidentifikasi, tentu akan lebih mudah mendeteksi kehadiran kanker ini sejak dini. Penanganan yang lebih awal akan membuat wanita selamat dan tidak perlu kehilangan fungsi reproduksinya. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan-kebiasaan seperti seks bebas dan merokok atau mengkonsumsi pil KB yang kualitasnya dipertanyakan, sangat disarankan untuk melakukan kontrol mengenai adanya penyakit kanker serviks. Apalagi, bila Anda telah mengalami gejala-gejala yang menjadi penanda penyakit ini. Beberapa hal yang bisa dijadikan indikasi awal penyakit ini adalah pendarahan tidak normal pada vagina, pendarahan pada wanita yang telah menopause, rasa sakit saat berhubungan intim, hingga rasa sakit pada bagian pelvis yang tidak biasa. 

Segera lakukan cek up kala Anda mendapati gejala-gejala tersebut. Penanganan yang akan dilakukan dokter tidak akan terlalu memberatkan bila stadium kanker Anda masih ringan. Secara umum, beberapa penanganan yang akan dilakukan dokter antara lain terapi radiasi, operasi, dan kemoterapi. Anda juga bisa melakukan langkah pencegahan untuk menghindari kanker ini. Mintalah pada dokter untuk memvaksin Anda dengan Gardasil atau Cervarix. Kedua jenis vaksin tersebut bisa mempertahankan diri Anda dari infeksi HPV. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, infeksi HPV adalah salah satu penyebab kanker serviks.