Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Kanker


Apa saja penyebab kanker? Mungkin banyak di antara Anda yang memiliki pertanyaan semacam itu dan masih mencari jawabannya. Ketika orang mendengar kanker, maka yang terbayang di kepala adalah suatu gangguan medis atau penyakit yang sangat berbahaya dan sangat mematikan. Pendapat itu tidak sepenuhnya salah, namun juga tidak sepenuhnya bisa dibenarkan karena sejatinya ada beberapa jenis kanker yang dikenal jinak dan tidak mematikan. Meski begitu, penyakit ini tetap tidak dapat dipandang sebelah mata. Penyakit kanker tetap menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia setelah penyakit jantung.

Penyebab Kanker Yang Sudah Diketahui

Penyebab kanker sangat beragam, berikut adalah beberapa di antaranya:
  • Lingkungan

Ini adalah faktor yang sangat berpengaruh. Ada suatu senyawa yang sering disebut sebagai karsinogen atau senyawa yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Salah satu senyawa yang paling banyak ditemui dan paling banyak menjadi penyebab penyakit kanker adalah asap tembakau atau asap rokok. Di dalam asap rokok atau tembakau terdapat ratusan senyawa yang 75% di antaranya ternyata merupakan penyebab kanker atau bersifat karsinogenik. Selain asap rokok, senyawa lain yang memiliki sifat yang sama adalah sinar matahari, paparan radiasi dan asbestos atau asbes. Selain itu, makanan juga menjadi satu faktor penyebab kanker yang sangat berpengaruh, terutama ketika sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan telah terjangkiti zat – zat yang bersifat karsinogenik, 

  • Genetik

Faktor genetic memegang peranan yang sangat penting dalam penyebaran penyakit kanker, terutama kanker kolon dan kanker payudara. Meski begitu, bukan berarti seluruh anggota keluarga akan secara otomatis terserang kanker, namun hal itu hanya berarti bahwa resiko untuk terserang penyakit ini meningkat lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak memiliki riwayat kesehatan keluarga pengidap kanker. 

  • Infeksi virus

Beberapa penelitian di seluruh dunia telah menemukan bahwa beberapa jenis virus memiliki kemampuan untuk mengubah materi genetis untuk menjadi sel – sel kanker. Kanker yang terjadi akibat dari infeksi virus lebih banyak ditemukan di negara – negara berkembang, termasuk Indonesia. 

Meski gaya hidup sehat tidak serta merta membuat kita terhindar dari ancaman penyakit kanker, namun hal itu menjadi salah satu langkah terbaik agar kita terhindar dari serangan penyakit yang sangat berbahaya tersebut. Sangat dianjurkan agar kita tidak merokok karena asap yang dihasilkan merupakan pemicu penyakit kanker paru dan mulut yang sangat mematikan. Selain itu, kita juga harus bergaya hidup bersih. sebelum mengkonsumsi makanan, terutama buah dan sayur, kita hendaknya mencucinya terlebih dahulu hingga benar – benar bersih karena banyak buah dan sayur saat ini dibubuhi zat – zat asing yang bersifat karsinogenik. Jika di dalam keluarga terdapat riwayat penyakit kanker, maka kita hendaknya memeriksakan kondisi kesehatan kita secara rutin agar timbulnya penyakit tersebut dapat terdeteksi sedini mungkin. Olahraga secara rutin dan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi seimbang, setidaknya akan membantu tubuh kita menjadi lebih sehat dan dapat terhindar dari penyebab kanker.