Kanker Tulang: Ciri-ciri dan Pencegahannya


Tak ada seorang pun yang ingin dekat dan terkena kanker tulang. Ini merupakan salah stau jenis kanker yang sangat langka. Meski demikian, alangkah baiknya bila kita juga mencari informasi tentang jenis kanker ini. Ini penting dilakukan agar bila suatu hal terjadi, Anda sudah memahami bagaimana dan langkah apa yang harus diambil. Kanker tulang biasanya terjadi pada tulang panjang yang ada pada tangan dan kaki. Kanker ini bisa menyerang siapa saja baik anak maupun orang dewasa. Kanker ini biasanya berasal dari tulang sendiri bukan dari penyebaran kanker pada organ lainnya. 

Ciri-ciri Kanker Tulang

Setelah mengetahui apa itu kanker tulang, Anda sebaiknya juga mengenali apa saja yang menjadi ciri-ciri dari kanker ini. Mengetahui ciri-ciri dari suatu penyakit akan memudahkan Anda dalam mengenali suatu indikasi apakah termasuk dalam penyakit ini ataupun bukan. Ciri-ciri awal dari penyakit kanker pada tulang ini adalah adanya rasa sakit pada tulang, biasanya disertai dengan pembengkakan bahkan bisa juga disertai dengan patah tulang. Ciri lainnya dalah adanya penurunan berat badan. Pada tahapan selanjutnya, penderita kanker ini biasanya juga merasakan kesulitan untuk bergerak. Banyak orang biasanya mengalami kerancuan ketika timbul gejala kanker tulang. Mereka menduga bahwa apa yang dirasakan adalah indikasi dari penyakit lainnya yang erat kaitannya dengan sendi, tulang, ataupun otot. Dengan adanya dugaan kelelahan ataupun indikasi dari penyakit tulang lainnya, banyak orang menyepelekan gejala kanker ini sehingga mereka baru melakukan pengobatan ketika kondisi mereka sudah lebih parah. Pemeriksaan dini untuk mengetahui apakah gejala yang timbul merupakan gejala kanker atau bukan sangat penting dilakukan agar bila hal ini ternyata memang terdeteksi sebagai gejala kanker, Anda bisa segera melakukan pengobatan yang tepat sehingga kanker tersebut tidak semakin parah.

Pencegahan Kanker Tulang

Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang belum bisa dipastikan penyebab utamanya. Meski demikian, kita bisa melakukan beberapa hal guna mencegah dan terhindar dari penyakit ini. Kanker biasanya timbul ketika zat radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Dengan adanya pemahaman tersebut, kita bisa mencegah timbulnya kanker dengan membiasakan diri dengan pola dan gaya hidup yang sehat. Anda bisa menjauhi berbagai minuman beralkohol, merokok, serta menghindari makanan yang mengandung zat karsinogen seperti pengawet. Anda juga hendaknya meningkatkan konsumsi makanan sehat terutama makanan yang mengandung antioksidan dan berbagai nutrisi penting. Anda sebaiknya juga membiasakan untuk melakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang dilakukan tahk harus olahraga yang berat. Anda bisa melakukan jogging, lari, berenang, ataupun lainnya. Olahraga tersebut hendaknya dilakukan secara rutin. Memiliki pola hidup sehat serta lingkungan yang bersih dan terjga akan membuat Anda terhindar dari kanker tulang meskipun sampai saat ini belum bisa diketahui apa yang menjadi penyebabnya.