Waspada Penyebab dan Gejala Kanker Tiroid


Kanker tiroid terjadi karena sel-sel yang ada pada kelenjar tiroid bermutasi menjadi sel-sel kanker. Jenis kanker ini termasuk penyakit yang mematikan dan dapat terjadi pada siapa saja. Gejala pertama kanker ini tidak menentu. Ada yang berupa nodul tiroid pada daerah leher, dan terkadang juga ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening. Gejala lain yang juga dapat muncul yaitu timbulnya rasa nyeri di sekitar leher dan terdapat perubahan suara yang tidak biasa. Jenis kanker yang satu ini memiliki pembagian dalam beberapa jenis, dimana setiap jenisnya memiliki pertumbuhan yang berbeda. Jenis kanker yang cukup cepat berkembang yaitu kanker anaplastik tiroid yang umumnya menyerang seseorang yang sudah lanjut usia atau diatas 60 tahun, dan jenis ii lebih susah untuk diobati.

Kanker tiroid muncul bukan karena tanpa sebab, tetapi pasti ada penyebabnya yang membuat sel-sel kanker berkembang.  Penyebab pertama yaitu karena adanya perubahan genetik yang membuat sel-sel tiroid bermutasi. Mutasi ini kemungkinan terjadi karena zat-zat yang diperlukan tubuh mengalami pengurangan.  Kanker ini juga dipengaruhi oleh faktor genetika atau keturunan, sehingga seseorang yang memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit ini juga beresiko terserang kanker ini. Selain bawaan dari lahir, kanker ini juga dapat muncul karena radiasi dan faktor lingkungan. Kekurangan yodium juga dapat menjadi penyebab munculnya kanker ini. Selain itu, kekurangan enzim di dalam tubuh juga menyebabkan sel kanker berkembang karena hormon yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Penyebab lainnya kanker ini yaitu karena pengaruh penyakit lainnya yang menghancurkan imunitas tubuh seperti penyakit autoimun, penyakit hashimoto, dan penyakit graves.

Gejala dan Pencegahan Kanker Tiroid

Gejala kanker tiroid dapat dirasakan oleh penderitanya, dimana gejala ini dapat berupa gejala hipertiroid dan gejala hipotiroid. Beberapa gejala yang muncul dari hipertiroid yaitu adanya penurunan berat badan, jantung berdebar dengan cepat, sering merasa panas dan berkeringat, emosi tidak terkontrol sehingga mudah marah atau mudah sedih dengan tanpa sebab. Sementara itu, gejala yang muncul oleh hipotiroid diantaranya yaitu mudah lelah dan mengantuk, merasa kedinginan, depresi, timbulnya nyeri sendi dan otot, serta kuku dan rambut  tampak rapuh dan menipis. Kadar kolesterol juga akan mengalami peningkatan disertai dengan berat badan yang juga meningkat. 

Pencegahan kanker ini dapat dilakukan dengan mengenali apa saja penyebabnya yang perlu diwaspadai. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda akan bisa mengetahui bagaimana cara mencegahnya. Pencegahan kanker ini salah satunya dengan mencukupi kebutuhan enzim dan yodium di dalam tubuh. Tentunya ini memerlukan asupan nutrisi yang cukup dan bergizi. Olahraga secara rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit. Mengkonsumsi makanan seperti ikan, rumput laut, minyak ikan, susu, daging merah, tiram dan garam beryodium juga sangat baik untuk mencegah kanker tiroid.