Diet Sehat Bukan Siksaan


Diet sehat merupakan program menurunkan berat badan yang tujuannya tidak hanya langsing saja. Memandang diet dengan tujuan langsing, biasanya sering menimbulkan berbagai macam masalah. Maagh, masalah lambung ini sering kali terjadi pada mereka yang diet. Alasannya, selama diet mereka menahan diri untuk tidak makan. Padahal, dengan diet tidak berarti Anda dilarang makan. Diet adalah program pengaturan pola makan. Anda tetap harus makan hanya saja jenis makanannya diatur. Tujuan diet yang harus Anda terapkan jika ingin melakukan program ini adalah tubuh yang sehat dan ideal. Tubuh yang tidak hanya ideal dari segi berat badannya saja tapi juga memiliki resiko yang minim terhadap serangan penyakit. Seperti yang Anda ketahui, saat ini berbagai masalah kesehatan khususnya penyakit-penyakit mematikan seperti penyakit gula, jantung, hingga kanker diakibatkan karena kelebihan berat badan. 

Diet Sehat Tidak Anti Makan

Jika Anda ingin turun berat badan secara alami dengan diet sehat, caranya sangat gampang. Anda bisa meningkatkan konsumsi teh hijau. Selain memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan kulit, teh hijau juga berperan dalam proses pencernaan. Teh hijau merupakan alternative minuman yang baik selama Anda diet selain konsumsi air putih. Jika Anda termasuk senang dengan minuman bersoda, maka sebaiknya Anda hentikan kebiasaan tersebut. Membiasakan minum teh hijau lebih sehat, karena minuman bersoda mengandung banyak gula.

Olahraga adalah hal penting dalam diet. Anda tidak perlu memaksakan diri berolaharga yang berat. Olahraga ringan pun asal rutin, akan Anda rasakan pengaruhnya. Pilih olahraga sesuai kemampuan dan kesukaan Anda. Bahkan jalan kaki pun termasuk olahraga yang dapat membakar lemak tubuh. Maksimalkan juga olahraga tersebut dengan banyak bergerak. Setelah makan, Anda tidak boleh langsung tidur.

Sayur dan buah adalah dua makanan penting. Diet sehat dengan makanan ini dapat Anda variasikan. Selain dimakan langsung, dikukus, atau direbus, Anda juga dapat mengkombinasikannya sebagai jus yang nikmat tanpa gula. Sebaiknya, konsumsi sebelum Anda makan. Sedangkan untuk asupan karbohidrat, lebih baik Anda ganti nasi putih biasa dengan nasi merah yang memiliki kadar serat tinggi. Porsi nasi sebaiknya dikurangi dari konsumsi biasa Anda. Sayur harus memiliki porsi yang lebih banyak. Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang bukan hanya istilah saja. Saat diet, bahkan kehidupan sehari-hari pun ini sangat penting Anda terapkan.

Konsumsi yang harus ditingkatkan juga yaitu konsumsi air putih. Minum air putih dimulai dari Anda bangun tidur. Minum air putih saat bangun membantu tubuh mengeluarkan racunnya. Anda pun bisa menambahkannya dengan air perasan lemon. Setidaknya, setelah bangun tidur Anda harus minum 4 gelas air dan air perasan lemon. Satu jam setelah kegiatan yang harus Anda lakukan rutin tersebut, Anda kemudian bisa langsung sarapan.  Malam hari, ketika lapar Anda tidak harus menggantinya dengan minum bergelas-gelas air. Anda tetap minum air cukup, namun makan malam Anda tidak boleh sampai Anda hilangkan dari daftar kegiatan. Menu makan malam yang harus Anda makan saat diet adalah makanan dengan protein yang tinggi. Jika masih ingin makan, maka untuk ngemil dalam diet sehat, camilan tersebut harus Anda ganti dengan buah-buahan.