Waspadai Bahaya Kanker Lidah


Kanker lidah adalah salah satu tipe kanker oral atau orofaringeal. Jenis penyakit kanker ini terkadang menimbulkan ambiguitas tersendiri bagi orang awam. Pada dasarnya terdapat dua jenis kanker yang bisa terjadi pada lidah. Jenis kanker pertama terjadi pada bagian lidah yang umum kita lihat dan bisa digerakkan. Jenis penyakit kanker tersebut dinamai dengan kanker oral. Sedangkan jenis kanker kedua terjadi pada bagian lidah yang dekat dengan faring. Bagian lidah tersebut tidak bisa digerakkan dengan bebas dan menjadi pangkal perlekatan lidah dengan jaringan lain. Jenis penyakit kanker yang terjadi pada bagian tersebut dinamai dengan kanker oropharingeal. Keduanya tentu saja sama-sama membahayakan dan patut diwaspadai gejala-gejalanya.

Lebih lanjut, di antara kedua jenis kanker tersebut, masih bisa dibedakan lagi menurut kriteria tertentu. Kriteria yang biasa digunakan adalah jenis jaringan tempat kanker tersebut berasal. Lidah sendiri merupakan suatu organ yang terdiri atas beberapa jaringan yang saling mendukung satu sama lain. Salah satu jaringan lidah adalah jaringan squamous. Jaringan tersebut membentang panjang melapisi lidah dengan karakter selnya yang panjang dan datar. Jenis kanker lidah yang terjadi pada jaringan itu disebut dengan sel carcinoma squamous. Pada umumnya sebagian besar jenis kanker pada lidah yang terjadi adalah jenis kanker ini. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan munculnya sel kanker pada jaringan lain yang juga membentuk organ lidah. 

Penyebab dan Gejala Kanker Lidah

Ada banyak penyebab yang telah diidentifikasi menimbulkan jenis penyakit ini. Dengan mengetahui penyebab kanker ini tentu harapannya Anda bisa menghindari resiko terkena penyakit ini. Deteksi dini akan membuat penanganan dokter lebih mudah dan cepat. Adapun, jenis-jenis penyebab penyakit kanker lidah sendiri antara lain adalah kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol berlebihan, infeksi human papillomavirus atau HPV, hingga menderita penyakit Graft Versus Host Disease. Di antara penyebab-penyebab kanker tersebut, faktor resiko Anda terkena kanker ini akan meningkat bila Anda adalah laki-laki dan menderia penyakit anemia tipe tertentu. Karena itu, Anda perlu benar-benar hati-hati menjaga diri agar terhindar dari resiko terkena penyakit kanker yang membahayakan ini.

Selain mengetahui penyebab kanker ini, Anda juga bisa melakukan langkah deteksi dini sejak awal dengan mengetahui gejala-gejala menderita jenis penyakit kanker ini. Keberadaan kanker lidah umumnya bisa dideteksi dengan adanya indikator berupa kesulitan menelan, merasakan sesuatu di kerongkongan, timbul bercak putih atau merah pada lidah, merasakan lidah kebas, dan mengalami pendarahan dari darah yang sebabnya tidak jelas. Bila Anda mengalami banyak gejala-gejala tersebut, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter. Dengan penanganan yang tepat, tentu Anda bisa segera sembuh dan terhindar dari kemungkinan fatal terkena penyakit kanker lidah.