Tips Diet Ibu Menyusui Mudah dan Sehat


Banyak yang mengatakan bahwa seorang ibu yang menyusui harus makan sebanyak-banyak nya agar produksi asi meningkat dan dilarang melakukan diet namun nyatanya ada diet ibu menyusui yang tetap sehat dan aman tanpa menghambat produksi asi sehingga tubuh langsing tetap dapat kembali di dapatkan sementara produksi asi tetap berlimpah untuk si kecil tercinta. Jangan jadikan masa menyusui sebagai masa dimana Anda menjadi malas untuk memperhatikan penampilan dan bentuk tubuh Anda. Bukankah suami tercinta perlu dimanjakan oleh penampilan isteri yang walaupun sudah memiliki anak tetap mampu menjaga diri nya agar tetap menarik? 

Diet Ibu Menyusui yang Baik

Yang paling tepat untuk ibu yang sedang dalam masa menyusui adalah bukan makan sebanyak-banyak nya tanpa mempertimbangkan jenis makanan yang Anda masukkan ketubuh Anda. Anda perlu mengatur pola makan sehingga hanya makanan yang bergizi tinggi saja yang akan menjadi asupan utama Anda yang kemudian juga diserap oleh si kecil yang sedang menyusui. Tips diet ibu menyusui adalah sering lah makan namun jangan menjadi brutal atau rakus. Makan dalam porsi yang wajar namun lengkapi dengan asupan buah-buahan segar dan sayuran hijau sehingga serat nya akan membantu untuk mengolah lemak Anda agar tidak menumpuk dalam tubuh. Lalu tips yang kedua Anda wajib mengkonsumsi air minum minimal sebanyak 8 gelas karena asi adalah air dan asupan cairan sangat diperlukan untuk menunjang asi agar tetap bisa diproduksi dengan lancar. Jika malas minum air putih maka Anda boleh konsumsi jus sayuran atau jus buah namun jangan tambahkan gula di dalam nya. Penambahan gula hanya akan mengurangi gizi yang ada dan malah berpotensi membuat Anda semakin gemuk karena buah yang mengalami proses di jus sudah mengeluarkan gula alami nya sendiri. Ibu menyusui juga perlu camilan namun pilih hanya camilan sehat saja seperti kacang almond, alpukat, yoghurt, wortel yang diiris kecil-kecil atau susu rendah lemak di waktu senggang Anda. Jika bosan Anda bisa membuat olahan dari jagung manis namun jangan digoreng. Konsumsi susu yang berasal dari kacang seperti susu kacang tanah, susu almond dan susu kedelai justru akan sangat baik untuk membantu lancarnya produksi asi Anda.

Menyusui pada dasarnya adalah masa yang paling menyenangkan karena bisa mempererat hubungan antara ibu dan anak yang baru lahir ke dunia. Jangan jadikan masa menyusui menjadi beban justru menyusui sangat efektif untuk menurunkan berat badan tanpa Anda harus bersusah payah olahraga. Mengurus anak terkadang sudah sangat menyita tenaga dan mempercepat penurunan berat badan Anda. Namun Anda tetap harus memperhatikan asupan makanan dan minuman agar diet ibu menyusui tidak malah menyalahi aturan.