Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak di Era Modern


Menjaga kesehatan anak merupakan salah satu cara orang tua dalam mensyukuri anugerah titipan Tuhan tersebut. Anak merupakan titipan Tuhan yang tidak hanya untuk dididik tapi juga dicintai dan disayangi. Dimana, salah satu bentuk menunjukan rasa sayang dan cinta tersebut dengan memenuhi semua kebutuhannya, termasuk kesehatan. 

Jaman sekarang, penyakit tidak pandang usia. Kalangan usia anak saja bahkan sudah banyak yang memiliki resiko penyakit berat seperti hipertensi dan diabetes. Jenis penyakit yang bisa diturunkan dari orangtuanya namun bisa dicegah sejak dini agar anak tidak mengalaminya, dan tetap sehat. 

Kesehatan Anak Sumber Kebahagian Orang Tua

Obesitas merupakan masalah kesehatan yang saat ini banyak terjadi di kalangan anak-anak. Masalah kesehatan ini merupakan salah satu resiko yang diakibatkan gaya hidup modern yang ada di lingkungannya. Anak-anak bisa terkena obesitas karena beberapa faktor. Dua yang paling rentan yaitu karena faktor makanan dan aktivitasnya. 

Makanan cepat saji saat ini mudah ditemukan dan menjadi jajanan yang umum. Di lingkungan sekolah, bahkan jenis makanannya dibuat semenarik mungkin agar anak-anak semakin tertarik. Mulai dari bentuk, warna, hingga rasanya. Anak-anak yang cenderung suka rasa manis dan warna menyala akan memilihnya. Padahal, pewarna dan pemanis tersebut belum tentu aman. 

Semakin bertambahnya usia anak, orang tua memang tidak akan bisa mengawasi hal tersebut. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan memberi pengertian kepada anak akan makanan yang sehat dan tidak sehat untuknya. Jaga kesehatan anak Anda dengan meluangkan waktu di pagi hari untuk membuatkannya bekal makanan. Baik makanan berat maupun ringan asalkan makanan tersebut bisa mencegah anak jajan makanan yang tidak sehat. Banyak kreasi makanan untuk membuatnya lebih menarik. Anda bisa menemukan banyak tutorial video dan caranya di internet. Namun, jika Anda tidak waktu, jasa pembuatan bekal ini sudah ada. 

Cara menjaga kesehatan anak ini tidak hanya membuat anak hidup lebih sehat tapi juga bahagia. Memberi pengertian dan bekal tersebut membuatnya merasa benar-benar diperhatikan oleh Anda sebagai orangtuanya. Artinya, dia disayangi. Orangtuanya ingin dia hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Sedangkan dari faktor aktivitas, saat ini dukungan teknologi modern membuat anak lebih senang duduk di kamar atau rumahnya. Adanya TV, playstation, hingga berbagai macam gadget tidak hanya berpengaruh pada kehidupan social dan perkembangan otaknya saja. Mereka pun jadi kurang bergerak. Oleh karena itu, sebagai orang tua sebaiknya menerapkan cara yang lebih bijak berupa pengaturan penggunaan berbagai alat tersebut. Ganti aktivitasnya dengan aktivitas yang lebih aktif seperti berolahraga. Sepulang sekolah, Anda bisa menyuruh anak untuk istirahat. Kemudian, Anda memberikan kesempatan dia main gadget atau nonton TV dengan pilihan acara untuk usianya. Anda harus senantiasa mendampinginya. Berikan batasan waktu untuk aktivitas tersebut. Ketika sore hari tiba, Anda bisa mengajaknya bersepeda, lari bersama, atau main di sekitar rumah. Selain bagus untuk tubuhnya, cara ini bagus untuk kehidupan social dan lingkungannya. Lakukan juga aktivitas ini setiap hari libur. Anda tidak boleh menyuruhnya ini itu dengan alasan untuk kesehatannya tanpa penjelasan dan pengertian, serta keterlibatan Anda di dalamnya. Kesehatan anak merupakan sumber kebahagian bagi setiap orang tua yang tidak ternilai harganya demikian juga sebaliknya.