Cara Mendeteksi Kanker Kolon Sejak Dini


Kanker kolon atau kanker usus besar merupakan jenis kanker yang menyerang usus. Kanker ini bisa membahayakan ketika kanker sudah berubah menjadi lebih besar dan lebih masuk ke stadium yang lebih tinggi. Salah satu pencegahan ataupun menyembuhan kanker usus besar adalah dengan mengecek dan mendeteksi kanker sejak dini sehingga jika ditemukan kejanggalan dan gejala kanker usus besar hal itu bisa segara ditangani oleh dokter. Namun, banyak sekali masyarakat yang enggan melakukan perawatan karena mereka menganggap bahwa mereka tidak menderita oenyakit tersebut. padahal mengecekan sejak dini sangat penting untuk dilakukan terlebih dahulu.

Pemeriksaan Kanker Kolon

Ada tanda-tanda yang datang dari tubuh Anda jika terjadi sesuatu yang salah dengan organ tubuh termasuk usus besar. Ini berarti tubuh Anda pun akan memberikan sinyal kepada Anda jika ada gejala kanker kolon. Hal itulah yang harus Anda pahami sebelum melakukan pengecekan. Jika Anda merasakan sesuatu yang ganjal terhadap tubuh Anda, maka segeralah periksakan ke dokter. Misalnya jika Anda mengalami gejala sepeti sakit perut namun tidak sembuh setelah beberapa waktu yang cukup lama, sebaiknya Anda periksakan ke dokter. Ada beberapa gejala dimana Anda harus mengetahui dan memahaminya sehingga Anda sigap dan cpeat bilsa menemukan gejala-gejala tersebut.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah BAB atau Buang Air Besar. Jika biasanya Anda BAB secara teratur kemudian beberap saat BAB Anda tiba-tiba menjadi tidak teratur, maka bisa jadi hal tersebut merupakan gejala kanker kolon. Gangguan pencernaan juga bisa menjadi sinyal dari tubuh Anda bahwa ada sesuatu yang salah pada usus besar Anda. sebaiknya temui dokter dan periksakan keadaan Anda berkaitan dengan saluran pencernaan. Jangan ragu untuk menemui dokter yang lain jika dokter yang Anda kunjungi tidak memberikan solusi yang bisa membuat gangguan pencernaan Anda sembuh.

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter berkaitan dengan kanker usua besar, salah satunya adalah pemeriksaan colok dubur. Pemeriksaan ini mungkin terlihat sedikit menjijikkan karena dalam jenis pemeriksaan ini dokter akan memasukkan jari ke dalam dubur Anda untuk mengecek apakah ada kanker pada jarak lima hingga delapan sentimeter dari dubur. Meskipun terlihat sederhana, pemeriksaan ini mungkin akan sedikit menyakitkan. Selain itu, pemeriksaan juga bisa dilakukan dengan menggunanakn ronsen. Penggunaan sinar X dalam pemeriksaan ini dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya kanker bahkan hingga sebesar satu sentimeter.ada juga pemeriksaan lain yang dinamakan biomolukuler dimana pemeriksaan ini dilakukan pada tinja. Masih banyak lagi jenis-jenis pemeriksaan lain yang bisa dilakukan untuk mendeteksi adanya kanker baik di dekat maupun yang terletak jauh dari dubur. Jadi lakukanlah pemeriksaan kanker kolon sejak dini untuk mengurangi resiko.