Cara Diet yang Baik bagi yang Mengalami Obesitas


Cara diet yang baik sangatlah penting untuk dilakukan oleh siapa saja yang mengalami obesitas. Karena obesitas sudah merupakan masalah, maka jangan sampai diet yang dilakukan menambah masalah. Jangan sampai diet yang dilakukan justru membuat tubuh menjadi sakit. Menjaga kesehatan jauh lebih penting daripada mengejar penampilan. 

Cara Diet yang Baik agar Tujuan Tercapai dan Kesehatan Tetap Terjaga

Diet yang baik adalah diet yang tidak menyebabkan penderitaan berat saat melakukannya. Diet yang membuat stress karena terlalu banyak larangan memiliki kemungkinan gagal yang sangat besar karena ketidakmampuan fisik dan psikologi untuk melakukan diet tersebut secara berkesinambungan. Biasanya, ada semangat yang sangat besar saat memulai diet sehingga semua larangan bisa dipenuhi, tetapi setelah beberapa lama mulai terasa tekanan dan penderitaan sehingga akhirnya tidak kuat. Hal ini tentunya tidak baik bagi penderita obesitas. Karena jumlah berat badan yang harus diturunkan sangatlah besar, diet yang dilakukan haruslah berkesinambungan sampai tujuannya tercapai. Jika diet terhenti di tengah-tengah, hal ini bisa menyebabkan berat badan naik kembali dengan cepat. 

Selain tidak menyebabkan penderitaan, cara diet yang baik adalah diet yang dilakukan dengan tetap menjaga kesehatan. Biasanya, ada keinginan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini justru tidak sehat karena penurunan berat badan secara drastis bisa mengganggu keseimbangan tubuh sehingga muncullah masalah kesehatan. Sebaiknya, penurunan berat badan tidak lebih dari 4 kilogram per bulannya. Untuk penderita obesitas yang harus menurunkan berat badan lebih dari 20 kg, hal ini mungkin membuat Anda tidak sabar karena harus melakukan diet selama berbulan-bulan. Tetapi, lebih baik menunggu daripada berakhir di rumah sakit. 

Agar tujuan diet bisa tercapai sehingga didapatkan berat badan normal, lakukanlah diet yang bisa diterima oleh tubuh dan juga pikiran. Jangan merubah pola hidup secara drastis, tetapi lakukan secara bertahap. Cara diet yang baik bisa dilakukan dengan cara mengurangi jumlah porsi makanan dan memilih makanan yang sehat. Mengurangi makanan berlemak dan manis, wajib dilakukan. Mengurangi cemilan juga wajib dilakukan karena cemilan merupakan penyebab utama naiknya berat badan. 

Untuk mencegah kelaparan berat, diet dilakukan dengan cara mengatur pola makan tiga kali sehari dengan dua kali snack diantara makan utama. Diet rendah karbohidrat lebih efektif dan sehat bagi tubuh. Agar merasa kenyang, perbanyak porsi sayuran hijau. Pilihan snack harus yang rendah kalori dan jumlahnya dibatasi sekitar satu cangkir saja. Buah, kacang-kacangan yang dipanggang, dan yogurt tanpa gula bisa menjadi pilihan. 

Yang tidak kalah penting adalah berolahraga agar lemak terbakar. Untuk penderita obesitas, olahraga yang dilakukan tidak boleh memberikan beban berlebih pada lutut. Hindari olahraga yang mengandung unsur melompat. Jalan cepat lebih baik daripada berlari. Yoga atau pilates bisa membantu membentuk tubuh, tetapi pastikan melakukan olahraga tersebut secara bertahap agar tidak menyebabkan masalah pada persendian. Dengan olahraga dan cara diet yang baik, tubuh ideal bisa didapatkan.