Apa itu Kanker Ovarium dan Gejalanya?


Bagi wanita, kanker ovarium mungkin menjadi salah satu penyakit yang paling mengerikan pasalnya penyakit ini menyerang organ reproduksi wanita yaitu bagian ovarium yang berfungsi sebagai penghasil sel telur dan hormon wanita. Kanker ini juga biasa dikenal dengan kanker indung telur. Banyak wanita merasa kehidupan mereka selesai ketika mendapatkan vonis kanker ovarium. Banyak ketakutan dan kekhawatiran muncul ketika kanker ini datang. Mereka takut kehilangan pasangan ataupun mereka takut tak bisa mendapatkan keturunan. Penyakit ini tergolong sebagai salah satu penyakit langka namun memiliki resiko kematian yang sangat tinggi. Kita hendaknya bersikap bijak dan waspada terhadap tubuh kita sehingga masalah kanker indung telur bisa kita atasi dengan tidnakan yang baik.

Penyebab Kanker Ovarium

Belum ada informasi tentang apa penyebab munculnya kanker ovarium secara pasti. Ketika Anda mendapatkan vonis mengidap kanker ovarium, Anda pasti merasa bingung, cemas, dan ketakutan. Namun sebaiknya Anda tidak berlarut dalam kondisi tersebut. ANda bis mulai menata hidup Anda dengan melihat sudut pandang yang lebih positif sehingga Anda bisa kuat dan bertahan dalam menghadapi penyakit berbahaya ini. Dengan pikiran yang lebih tenang, Anda juga bisa mendapatkan energi positif yang akan membangkitkan Anda dari keterpurukan sehingga Anda bisa berpikir jernih untuk mengatasi masalah Anda. 

Salah satu penyebab yang memicu munculnya kanker ovarium adalah faktor usia terutama bagi para wanita yang berusia 50 tahun ke atas atau usia menopause. Pada usia lanjut, kondisi tubuh akan semakin melemah sehingga sistem imun ataupun kekebalan tubuh akan menurun. Hal inilah yang menjadi penyebab tubuh mudah terserang zat asing yang nantinya bila zat tersebut menetap bisa menjadikan sel-sel sehat dalam tubuh menjadi abnormal. Penyebab lainnya adalah faktor keturunan. Keluarga yang memiliki garis keturunan mengidap kanker akan memiliki resiko lebih besar terkena kanker juga. Faktor hormon juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya resiko kanker. Dan, tentu saja, pola hidup serta kebiasaan yang dilakukan juga memiliki andil sebagai penyebab munculnya kanker

Gejala Kanker Ovarium

Penyakit kanker merupakan penyakit yang menyerang secara bertahap tergantung seberapa ganas dan cepat penyebaran sel kanker yang ada dalam tubuh. Ketika kita bisa mengenali gejalanya lebih awal, kita tentu bisa memiliki peluang besar untuk sembuh. Beberapa gejala kanker ovarium antara lain: timbul rasa sakit dan nyeri di sekitar perut dan panggul, mudah merasa kenyang, sering buang air kecil, mudah kelelahan, pola menstruasi tidak teratur, penurunan berat badan, nyeri pada punggung, dan sembelit. Beberapa gejala tersebut memiliki kemiripan dengan gejala penyakit lain. Anda bisa melakukan pemeriksaan secara medis untuk memastikan kondisi yang Anda alami. Dengan demikian, Anda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat guna mencegah sel kanker ovarium semakin menyebar dan membahayakan.